Berkah Cuan Buat UMKM, Peran Rahma Sulap Acara Sederhana Jadi Luar Biasa

Berkah
Wali Kota Tanjungpinang Rahma melihat produk UMKM yang dijual di bazar dalam rangkaian kegiatan Peringatan Hari Jadi Ke-239 Kota Tanjungpinang di Lapangan Pamedan Ahmad Yani

TANJUNGPINANG | WARTA RAKYAT – Hari Jadi ke-239 Tanjungpinang tahun ini, menjadi sebuah peringatan yang sangat berkesan bagi seluruh masyarakat Kota Tanjungpinang.

Peringatan hari jadi Tanjungpinang setiap tanggal 6 Januari, tidak lagi menjadi sekadar acara seremonial yang semata dilaksanakan oleh pemerintah Kota Tanjungpinang.

Bacaan Lainnya

Namun sejak di bawah kepemimpinan Hj. Rahma, S.IP, MM selaku Wali Kota, dan meredanya wabah pandemi Covid 19, mulai tahun 2022 peringatan hari jadi Tanjungpinang menjadi lebih menarik dan atraktif.

Kemeriahan dan bergemanya agenda tahunan peringatan hari jadi Tanjungpinang, semakin terlihat pada serangkaian acara peringatan Hari Jadi ke-239 Tanjungpinang mulai tanggal 5 sampai dengan 7 Januari 2023 lalu.

Penampilan beragam budaya dalam Peringatan Hari Jadi Ke-239 Kota Tanjungpinang di Lapangan Pamedan Ahmad Yani belum lama ini

Masyarakat Tanjungpinang bahkan sudah hadir dan mengikuti prosesi ziarah makam mulai dari makam Sultan Sulaiman Badrul Alamsyah, makam Daeng Celak, makam Daeng Marewah, Raja Haji Fisabilillah hingga ke komplek pemakaman Engku Puteri Raja Hamidah di Pulau Penyengat.

Momen dimana Pemerintah Kota Tanjungpinang memulai proses pengusulan Engku Puteri Raja Hamidah sebagai pahlawan nasional.

Puncak kemeriahan peringatan hari jadi Tanjungpinang tahun ini terlihat pada hari terakhir rangkaian acara yang digelar Pemko Tanjungpinang.

Sejak Sabtu (7/1) pagi, lapangan Pamedan A Yani terlihat tak mampu membendung antusias masyarakat Tanjungpinang mengikuti senam pagi, pertunjukan 1000 kompang, tampilan senam kreasi TNI AU, dan menyaksikan pertunjukan kesenian tradisi yang tumbuh berdampingan dengan seni tradisi masyarakat Melayu Kota Tanjungpinang.

Antusias warga mengikuti senam bersama dalam rangkaian kegiatan peringatan Hari Jadi Ke-239 Kota Tanjungpinang di Lapangan Pamedan Ahmad Yani

Tidak ada artis dangdut, pop, atau rock yang didatangkan dari ibukota. Namun penampilan seni tradisi daerah Sumatera, Kepulauan Riau, Jawa, Sunda, hingga ke bagian Timur Indonesia yang dibawakan oleh 37 paguyuban masyarakat di Tanjungpinang pada Sabtu (7/1) malam menjadikan taman kota Pamedan A Yani berubah menjadi lautan manusia.

Ribuan masyarakat Tanjungpinang tumpah ruah di lapangan Pamedan A Yani. Ternyata pertunjukan kesenian tradisional mampu mengalahkan Trio Macan dan sejenisnya.

Walikota Tanjungpinang Hj. Rahma, S.IP, MM mampu menyulap acara sederhana menjadi sesuatu yang luar biasa.

Tidak hanya mampu memobilisasi dan mengumpulkan masyarakat, Hj. Rahma, S.IP, MM juga mampu menjadikan serangkaian acara peringatan Hari Jadi ke-239 Tanjungpinang tahun 2023 menjadi suatu berkah yang luar biasa bagi pelaku IKM dan UMKM di Tanjungpinang.

Wali Kota Tanjungpinang Rahma melihat produk UMKM yang dijual di bazar dalam rangkaian kegiatan Peringatan Hari Jadi Ke-239 Kota Tanjungpinang di Lapangan Pamedan Ahmad Yani

Pemilik usaha pempek kentang yang ikut mengikuti bazar di Pamedan, contohnya, mengaku mendapat omset sekitar Rp 3 juta selama 2 hari. Hingga ia berharap ke depan Walikota Tanjungpinang bisa melaksanakan bazar mngkin sampai 5 hari.

Secara keseluruhan, Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Tanjungpinang mencatat pelaksanaan bazar selama 2 hari di Pamedan mampu menghasilkan total Rp 183 juta.

Angka itu belum termasuk peningkatan omset yang tentunya juga dialami oleh pedagang kaki lima yang ikut berjualan di sekitar Pamedan A Yani. Hj. Rahma, S.IP selalu konsentrasi pada pengembangan usaha kecil dan menengah di Tanjungpinang.

Dengan cara yang sederhana, Rahma membuat orang-orang kecil menjadi istimewa dan luar biasa. (Adv)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.