Bantu Pasien COVID-19, Polres Simalungun Gelar Donor Darah

Tampak personil Polres Simalungun mendonorkan darah di pelataran halaman Klinik Polres Simalungun, Selasa (14/4).

SIMALUNGUN | Warta Rakyat – Poliklinik Polres Simalungun bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia Kabupaten Simalungun menggelar kegiatan donor darah di pelataran halaman Klinik Polres Simalungun, Selasa (14/4).

Seluruh pendonor dalam kegiatan tersebut adalah para polisi.

Dalam kegiatan ini Kabag Sumda Kompol Lamin S.Pd dan seluruh unsur pejabat utama Polres Simalungun turut berpartisipasi mendonorkan darahnya.

Kompol Lamin mengatakan, kegiatan donor darah bagian dari upaya penanganan Covid-19. Bahkan, dirinya selalu mengajak jajarannya untuk mendonorkan darah.

Menurutnya, saat ini ada 141 personel Polres serta Polsek Sejajaran Polres Simalungun yang ikut menjadi pendonor

“Kegiatan donor darah untuk memenuhi persediaan darah Palang Merah Indonesia (PMI) yang akan digunakan oleh pasien Covid-19 yang membutuhkan,” kata Lamin, Selasa (14/4)..

Sementara itu Kepala Operasi (Kaops) Kontinjensi Aman Nusa II AKBP Heribertus Ompsusunggu menyebutkan, kegiatan donor darah ini merupakan tindaklanjut dari instruksi Kapolri Jenderal Idham Azis melalui surat telegram Kapolri nomor: ST/1127/IV/KEP./2020 untuk mengisi stok darah di PMI dalam rangka memenuhi kebutuhan darah.

Melalui surat telegram tersebut, lajut Heri, Kapolri meminta para kasatker/kasatwil agar mengimbau para personelnya untuk mendonorkan darah berkoordinasi dengan unit donor darah (UDD) PMI di wilayahnya masing-masing.

Bahkan, Kapolri telah mengingatkan bahwa kegiatan donor darah harus dilakukan dengan menaati protokol kesehatan dan menerapkan jaga jarak fisik untuk mencegah dan meminimalkan penyebaran COVID-19.

“Kemarin ada surat dari PMI untuk bantuan pengerahan donor darah ke Pak Kapolri,” kata AKBP Heri.

Menurutnya, kegiatan donor darah sangat penting dilakukan sebagai wujud dari nilai kemanusiaan.

Lebih lanjut ia mengungkapkan, disaat seseorang itu memiliki kelebihan bahkan melimpah ruah mestinya ia memberi atau membantu sesama.

Dan, ketika seseorang itu ditengah keterbatasan bahkan kekurangan namun masih mau memberi dan membatu sesama dengan ikhlas itu satu hal yang luar biasa.

Karena, lanjut Heri, ia memberi seluruhnya atas apa yang ada pada dirinya untuk membantu sesama.

“Untuk itu, ditengah-tengah Pandemi ini marilah kita saling bergotong royong membantu sesama dan semoga bencana ini segera selesai, dan semua kembali normal,” ujar Kapolres Simalungun.

Pewarta: Marolop
Editor.    : Prengki

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.