Dari Kenangan Menjadi Kenyataan, Tanjungpinang Fest 2024 Sajikan Kekayaan Budaya Berpadu Kreativitas

Ketua Pelaksana Kegiatan, Isnaini Bayu Wibowo (Foto kedua dari kiri).[F-Gibson/Wartarakyat.co.id]

TANJUNGPINANG | WARTA RAKYAT – Tanjungpinang Fest 2024 akan kembali digelar dan berlangsung di Jalan Merdeka dan Jalan Teuku Umar, Kawasan Kota Lama, Kota Tanjungpinang, 4-11 Agustus 2024.

Tanjungpinang Fest 2024 ini adalah sebuah festival yang dirancang dengan menyajikan perpaduan seni budaya dan kreativitas. Mengangkat kekayaan budaya masa lalu ke dalam konteks modern.

Ketua Pelaksana Kegiatan, Isnaini Bayu Wibowo, mengatakan bahwa Tanjungpinang Fest 2024 merupakan kolaborasi antara Kementerian Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif, Dinas Pariwisata Kepri, Dinas Pariwisata Kota Tanjungpinang dan Komunitas Kedai Kopi (K3).

“Selama satu pekan lebih Tanjungpinang Fest 2024 akan dipenuhi dengan berbagai acara menarik yang dipersembahkan untuk seluruh lapisan masyarakat. ‘Dari Kenangan Menjadi Kenyataan’, artinya kenangan atau nostalgia Kota Lama, sekarang kita wujudkan menjadi kota yang ramai,” ujarnya saat konferensi pers di Kedai Kopi W&W, Jalan A. Yani, Kota Tanjungpinang, Jumat (2/8/2024).

Bowo (sapaan akrab Isnaini Bayu Wibowo, red) melanjutkan, selama pelaksanaan Tanjungpinang Fest 2024, pengunjung akan disuguhkan berbagai atraksi seni dan budaya dari berbagai komunitas di Tanjungpinang.

“Ada pertunjukan reog, kuda lumping, barongsai, parade naga serta pertunjukan tradisional seperti mahyong dan bangsawan,” ujar Bowo.

Selain itu, sambung Bowo, Tanjungpinang Fest 2024 juga akan menampilkan berbagai produk-produk unggulan dari para pelaku UMKM dari Kota Tanjungpinang dan sekitarnya.

“180 pelaku UMKM akan terlibat, plus 40 pengusaha kedai kopi,” ujar Bowo.

Sederet artis papan atas juga dipastikan akan ikut memeriahkan event yang ditargetkan akan dikunjungi oleh puluhan ribu pengunjung ini.

“Artis-artis papan atas yang akan tampil di antaranya: AXL Ramanda, Robi Anima Band, Anna Zanet, Candi, Bedu, Souljah Band, Rudi Caffein. Sementara untuk lomba yang diadakan untuk diikuti masyarakat adalah lomba bayi melangkah, fashion show dengan tiga kategori yaitu: batik, umum dan anak-anak. Kemudian ada mobile legend, festival lagu-lagu Andy Liany, modern dance, melukis kopi, istagram foto, video UMKM dan aerobik. Semua rangkaian kegiatan tersebut kita harapkan akan mampu menggaet pengunjung di atas dua puluh ribu pengunjung dan perputaran uang di atas Rp2 milliar. Kita doakan semua dapat berjalan sukses dan lancar serta mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Kota Tanjungpinang,” papar Bowo.

Sementara Kabid Pengembangan Budaya Dinas Pariwisata Kepri, Afitri Susanti, mengatakan bahwa Tanjungpinang Fest 2024 merupakan momentum penting untuk mempromosikan kekayaan budaya Tanjungpinang.

“Ini adalah event seni budaya yang dipadukan dalam krativitas. Pemerintah Provinsi Kepri sangat _concern_untuk mendukung kesuksesan event ini,” ujarnya, Jumat (2/8/2024).

Ia juga mengatakan bahwa Tanjungpinang Fest 2024 sudah menjadi salah satu dari 70 event Kharisma Event Nusantara (KEN) yang ada di Indonesia.

“Kita patut berbangga, event ini akan dibuka secara langsung oleh Menteri Pariwisata Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno. Mari kita sukseskan dan kita jadikan event ini sebagai daya tarik wisata di Tanjungpinang,” pungkasnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.