Bea Cukai Tanjungpinang Gagalkan Penyeludupan 10.027 Butir Ekstasi dari Malaysia

Ekstasi
Kepala KPPBC TMPB Tanjungpinang Tri Hartana bersama Kapolresta Tanjungpinang, Kajari Tanjungpinang, Perwakilan KSOP dan Pelindo Tanjungpinang menunjukkan barang bukti ekstasi yang diamankan [Foto: Sahrul/Wartarakyat]

TANJUNGPINANG | WARTA RAKYAT – Bea Cukai (BC) Tanjungpinang menggagalkan penyelundupan narkoba jenis ekstasi dari Malaysia di Pelabuhan Internasional Sri Bintan Pura (SBP) pada Minggu, 17 September 2023.

Dalam kasus tersebut diamankan seorang wanita inisial A salah satu penumpang kapal MV. Marina JB. Selain itu juga diamankan barang bukti 10.027 butir narkotika jenis ekstasi.

Bacaan Lainnya

Kepala KPPBC TMPB Tanjungpinang Tri Hartana menjelaskan, pengungkapan itu berawal petugas Bea Cukai melakukan pengawasan barang penumpang di Pelabuhan Sri Bintan Pura atas kapal MV. Marina JB yang datang dari Stulang Laut Malaysia dan tiba sekitar pukul 18.00 WIB.

Menurutnya, pada saat pemeriksaan melalui mesin X-Ray, tim mendapati bungkusan paket mencurigakan di dalam satu plastik makanan ringan yang dibawa penumpang perempuan berinisial A.

Tim penindakan Bea Cukai melakukan pemeriksaan terhadap plastik makanan tersebut dan didapati lima bungkus kacang almond yang didalamnya berisi pil dicampur dengan kacang almond.

“Jadi modusnya dikamuflase dengan makanan ringan. Jumlah pil diamankan sebanyak 10.027 butir,” ujarnya saat pres rilis di Kantor Bea Cukai Tanjungpinang, Selasa (26/9/2023).

Selanjutnya, tim melakukan penegahan terhadap barang dan orang tersebut untuk dimintai keterangan lebih lanjut. Selain itu, tim penindakan Bea Cukai Tanjungpinang berkoordinasi dengan Polresta Tanjungpinang dalam penanganan orang serta barang bukti.

“Saat ini, atas dua penindakan tersebut telah diserahkan kepada pihak yang berwajib,” ucapnya.

Ia menegaskan, dengan dilakukannnya penindakan ini, menjadikan petugas Bea Cukai Tanjungpinang semakin awas dan siaga dalam sisi pengawasan barang yang masuk dari luar negeri ke Indonesia.

“Hal ini menjadikan sinergi antara Bea Cukai dengan pihak kepolisian daerah setempat menjadi semakin baik kedepannya,” imbuhnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.