Jambore Anak Dorong Pengembangan Potensi Diri dan Kreativitas Anak

Jambore
Wali Kota Tanjungpinang Rahma menyampaikan sambutan saat membuka kegiatan Jambore Anak yang digelar Dinas Perlindungan Perempuan, Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat (DP3APM) di Lapangan Pamedan Ahmad Yani Tanjungpinang

TANJUNGPINANG | WARTA RAKYAT – Pemko Tanjungpinang melalui Dinas Perlindungan Perempuan, Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat (DP3APM) gelar Jambore Anak di Lapangan Pamedan Ahmad Yani Tanjungpinang, Sabtu (27/5/2023) pagi.

Kegiatan dimeriahkan berbagai lomba ini dibuka secara langsung oleh Wali Kota Tanjungpinang Rahma.

Bacaan Lainnya

Rahma mengatakan setiap anak harus mendapatkan ruang dalam pemenuhan haknya, serta mendapat perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi, bahkan anak juga berhak mengekspresikan impian dan harapannya.

“Diantara hak anak yang harus kita penuhi adalah hak anak untuk mendapat ruang bagi pendidikan, pemanfaatan waktu luang dan kegiatan budaya,” ujarnya.

Jambore Anak ini, lanjut Rahma, sebagai pembelajaran, berbagi pengalaman, silaturahmi, sekaligus sarana peningkatan anak untuk berkreasi dan mengembangkan diri, serta mengenal budayanya.

Kegiatan ini juga bertujuan untuk membangun karakter dan menumbuhkan sikap disiplin, jujur, sportif sebagai generasi penerus bangsa.

“Dengan memberi ruang bagi anak dalam tumbuh kembangnya semoga motorik kasar dan motorik halusnya berkembang dengan baik,” ujarnya.

Rahma berharap adanya kegiatan ini dapat meningkatkan motivasi menjadi anak yang berprestasi dan unggul, membantu mendorong anak-anak menciptakan iklim dan suasana yang kondusif serta kompetitif dalam pengembangan dirinya.

“Melalui jambore ini diharapkan memberikan ruang bagi anak, serta kita sebagai orang tua dan orang orang yang ada di sekitar anak, lebih mengenal potensi yang dimiliki oleh anak,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala DP3APM Kota Tanjungpinang Rustam mengatakan, jambore ini merupakan yang kedua kali digelar setelah pandemi COVID-19. Jambore Anak ini dilaksanakan dalam rangka perlindungan anak dan pemenuhan hak anak.

Menurutnya, anak merupakan aset dan sumber daya pembangunan yang jumlahnya cukup signifikan, dengan persentase 30 persen dari seluruh jumlah penduduk Kota Tanjungpinang atau sekitar 80 ribu anak.

“Perlindungan dan pemenuhan hak anak ini adalah merupakan satu amanah yang sudah ditetapkan dalam undang-undang Nomor 35 tahun 2014 tentang Perlindungan Anak, dimana disebut anak-anak diberi hak untuk hidup, untuk tumbuh kembang, untuk perlindungan dan hak untuk berpartisipasi,” jelas Rustam.

Rustam mengungkapkan, pemenuhan hak anak dan perlindungan anak lebih dikonkretkan lagi dalam satu skema pembangunan menuju kota yang ramah anak dan kota layak anak.

Dimana terdapat lima indikator di dalamnya yang terbagi dalam lima klaster yaitu pemenuhan hak sipil dan kebebasan, hak lingkungan keluarga dan pengasuhan alternatif, hak untuk mendapatkan penanganan atas kesehatan dan kesejahteraan, hak atas pendidikan pemerataan peluang dan seni budaya, serta hak atas perlindungan dari kemungkinan terjadi kekerasan.

“Kegiatan ini merupakan implementasi dari pemenuhan hak anak guna mewujudkan Kota Layak Anak khususnya pada klaster 4 yaitu menyediakan ruang dan fasilitasi pemenuhan hak anak atas pendidikan, pemanfaatan waktu luang, budaya dan kegiatan kreatif,” ujarnya.

Ia menambahkan, ada tujuh jenis lomba yang dilaksanakan dalam jambore anak ini dengan jumlah peserta keseluruhan 576 orang. Terdiri dari lomba yel-yel dari forum anak kelurahan sebanyak 90 peserta, lomba marawis dari forum anak kecamatan sebanyak 112 orang, lomba baca puisi dari pelajar SMP sebanyak 12 orang.

Selanjutnya lomba dramatisasi gurindam 12 dari forum anak kelurahan sebanyak 90 orang, lomba mewarnai dari PAUD, kelompok bermain anak sebanyak 116 orang, lomba menggambar dari TK dan RA sebanyak 120 orang, serta lomba berbalas pantun dari siswa siswi SD sebanyak 36 orang.

“Diharapkan dengan jambore ini dapat meningkatkan kreativitas seni budaya dan perlindungan anak di kota Tanjungpinang,” imbuhnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.