Dalam Waktu Dekat, Pemkab Bintan Bakal Miliki Laboratorium Swab PCR Test COVID-19

Kepala Dinas Kesehatan Bintan dr Gama Isnaeni

BINTAN | WARTA RAKYAT – Kepala Dinas Kesehatan Bintan dr Gama Isnaeni mengungkapkan, dalam waktu dekat, Pemerintah Kabupaten Bintan bakal memiliki laboratorium Swab PCR test Covid-19 sendiri.

Alokasi pengadaan PCR sudah dianggarkan di APBD-P 2020 Bintan ini, Meski kabupate/kota lain mendapat bantuan dari Pemprov Kepri.

“Sudah dianggarkan, kemarin. Kita menyadari bahwa salah satu langkah percepatan penanganan dan pencegahan adalah kecepatan dalam melakukan testing Covid-19, baik melalui rapid tes maupun uji Swab PCR. Alhamdulillah akhirnya bisa terwujud,” ujarnya, Kamis (19/11).

Dikatakannya, bahwa dengan adanya alat ini, maka pemeriksaan tes PCR tidak perlu dikirim ke luar kota, dan pemeriksaan pun dapat lebih cepat sesuai dengan kebutuhan masyarakat untuk kecepatan hasil pemeriksaan.

“Bisa lebih cepat karena sudah ada alat sendiri. Ini juga sebagai bagian tanggap dalam menghadapi masa Pandemi Covid-19 saat ini,” ujarnya.

Sementara itu, Kabid Sumber Daya Dinas Kesehatan Bintan Muhamad Ridwan SSos MH mengungkapkan, bahwa alat PCR atau polymerase chain reaction berfungsi sebagai pemeriksaan laboratorium untuk mendeteksi keberadaan material genetik dari sel, bakteri, atau virus. Saat ini, PCR juga digunakan untuk mendiagnosis penyakit Covid-19, yaitu dengan mendeteksi material genetik virus Corona.

“Untuk pekerjaan laboratorium ruangan sedang dilakukan di RSUD Bintan. Untuk 1 unit Alat PCR sedang dalam pengiriman, paling lama Minggu depan sampai,” ujarnya

Menurutnya, selain RSUD Bintan, saat ini manajemen kawasan pariwisata Lagoi juga sedang berbenah dengan menyiapkan ruangan labor dalam rangka percepatan dan pengembangan wisata lagoi agar segera kembali normal.

“Khusus kawasan pariwisata Lagoi, 2 unit alat PCR-nya nanti mendapat bantuan dari pusat sementara pemda dan management Lagoi akan menyiapkan ruangan instalasi tekanan negatifnya (labor),” tutupnya

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.