Profil Prengki Simanjuntak: dari Anak Petani, Jurnalis, Pegiat Sosial hingga Anggota DPRD Tanjungpinang 

PRENGKI SIMANJUNTAK, S.IP

TANJUNGPINANG | WARTA RAKYAT – Berikut ini adalah profil dan rekam jejak Prengki Simanjuntak, S.IP Anggota DPRD Kota Tanjungpinang periode 2024-2029.

Tokoh muda kelahiran Kabupaten Aceh Tenggara 30 Januari 1982 yang aktif di bidang sosial itu tinggal dilantik menjadi Anggota DPRD Kota Tanjungpinang periode 2024-2029.

Pasalnya, anak dari seorang petani pasangan Paian Simanjuntak dan Besti Br Sitohang ini mampu mengoleksi 1.527 suara dengan total suara partai Hanura dan caleg lainnya sebanyak 2.312 suara di Dapil Tanjungpinang 3 (Kampung Bulang, Melayu Kota Piring dan Batu IX) di Pemilu 2024.

Prengki Simanjuntak mengatakan, sangat bersyukur lantaran Tuhan masih mengizinkan dirinya untuk berbuat lebih banyak lagi kepada warga yang membutuhkan kehadirannya di lembaga legislatif kelak.

Meskipun hanya unggul satu suara dibanding partai lain, tapi ia meyakini bahwa satu suara tersebut mujizat Tuhan yang sangat luar biasa besar bagi dirinya, keluarga dan relawannya di Pemilu kemaren.

Apalagi, kenangnya, ditengah kondisi orang tuanya yang sakit parah dan kritis pada saat pencalonan pertengahan tahun 2023 lalu, sempat membuatnya pasrah dan ingin mundur dari pencalonan sebagai Angota DPRD Tanjungpinang.

Hal itu dilakukan agar fokus membawa dan mengobati orang tuanya ke Malaysia

Namun di penghujung tahun 2023 lalu ia bangkit kembali lantaran kesehatan orang tuanya mulai normal dan berangsur membaik, tanpa operasi ke Malaysia.

“Puji Tuhan, semua doa dan harapan kita indah pada waktunya. Selain orangtua diberikan kesehatan seperti semula, Tuhan juga memberikan saya amanah yang sangat besar untuk 5 tahun kedepan. Semoga suara masyarakat yang menghantarkan saya menjadi perwakilan warga bisa berkontribusi lebih banyak lagi kepada warga di dapil kami secara khusus dan masyarakat Tanjungpinang secara umum dan terlebih kepada Warga yang membutuhkan kehadiran kita,” ungkapnya.

REKAM JEJAK PRENGKI SIMANJUNTAK

Dilihat dari rekam jejaknya, sebelum terjun ke dunia politik ternyata Prengki Simanjuntak adalah pria yang dikenal ramah dan bersahaja.

Ia merupakan pegiat sosial dan mengeluti dunia jurnalis hingga pemilik salah satu media di Kota Tanjungpinang.

Ketua DPC PBB Kota Tanjungpinang, Prengki Simanjuntak, S.IP, selaku perwakilan saat menjenguk Retta Nella Sihombing (51 tahun) pasien diduga pengidap kanker payudara yang dirawat di RSUD Raja Ahmad Tabib, sejak Jumat (06/08/2021) lalu

Sejak tahun 2001 hingga 2010 ia sudah menetap di Tanjungpinang dan mengawali karir menjadi karyawan, pengawas dan pendiri salah satu koperasi simpan pinjam di Tanjungpinang

Setelah itu, tahun 2011 ia banting stir di dunia jurnalis media nasional tabloid Radar Nusantara. Selain bekerja di perusahaan pers, Prengki Simanjuntak juga membuka perusahaan yang bergerak di bidang kontraktor, leveranser, perdagangan umum, jasa, tiketing dan travel.

Memberangkatkan dan memberikan hasil donasi kepada salah satu warga Kota Tanjungpinang yang hendak pulang ke kampung halaman

Selain itu pria yang memiki istri boru Saragih dan dua orang putri ini juga pernah aktif di dunia kepemiluan menjadi Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Bukit Bestari pada Pemilu Tahun 2014 yang dimulai sejak 2013 hingga Pemilihan Gubernur Kepri 2015 lalu.

Memberangkatkan salah satu warga Kota Tanjungpinang yang sakit ke kampung halaman

Adapun tugas dan wewenang PPK saat itu diantaranya membantu KPU, KPU Provinsi, dan KPU Kabupaten/Kota dalam menyelenggarakan Pemilu dan melaksanakan semua tahapan penyelenggaraan Pemilu di tingkat kecamatan mulai dari pemutakhiran data pemilih, daftar pemilih sementara, dan daftar pemilih tetap.

Sembari mengikuti dunia kepemiluan dan ingin menambah ilmu pengetahuan, tahun 2013 lalu Prengki Simanjuntak mendaftarkan kuliah di Stisipol Raja Haji Tanjungpinang.

Ia pun berhasil mendapatkan gelar Sarjana Ilmu Pemerintahan (S.IP) dengan kategori sangat memuaskan (cumelaud) dan peringkat ke – 5 nilai tertinggi dalam Prodi Ilmu Pemerintahan pada tahun 2017 lalu.

Membagikan sembako kepada warga di TPA Ganet

Kemudian pada Pilwako Tanjungpinang Tahun 2018 dan Pemilu 2019 lalu ia terpilih sebagai Ketua Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan Bukit Bestari.

“Sewaktu saya jadi ketua Panwaslu, kami memiliki tugas dan wewenang untuk mengawasi jalannya penyelenggaraan pemilu,” tandasnya.

Berbekal ilmu pemerintahan yang dimiliki, pengalaman sebagai wartawan dan juga aktif di kepemiluan ia pun memberanikan diri mendirikan media online dan cetak.

Prengki mengungkapkan, banyak kisah sejak media tersebut didirikan.

Selain menyampaikan informasi tentang kegiatan pemerintahan, kehadiran media tersebut kerap memberitakan tentang keluh kesah warga dan sebagai corong informasi masyarakat untuk disampaikan kepada pemerintah.

Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Pemuda Batak Bersatu (PBB) Kota Tanjungpinang, Prengki Simanjuntak, S.IP saat memberangkatkan warga Kota Tanjungpinang, Mayora Rumapea ke Rumah Sakit Persahabatan, Kamis 11 Mei 2023 pagi, di Bandara Raja Haji Fisabilillah, Tanjungpinang

Adapun perjuangan media yang dipimpinnya yakni selama Tahun 2019 lalu gencar memberitakan keluh kesah 187 Kepala Kelurga Kampung Tirtomulyo Sungai Pulai, yang awalnya gelap gulita hingga akhirnya terpasang tiang PLN dan dialiiri arus listrik selama 24 jam.

Menjenguk dan mengurus warga jawa sebatangkara yang sakit di RSUD Kabupaten Bintan, Kijang

Selain itu memberitakan aspirasi warga yang bertujuan mendorong pemangku kepentingan agara secepatnya melayani dan menyelesaikan persoalan yang dialami warga seperti pelayanan kesehataan, lingkungan hidup, pendidikan dan lain-lain.

SEJAK MENJADI KETUA PBB TANJUNGPINANG, PRENGKI SIMANJUTAK AKHIRNYA PAHAM KELUH KESAH WARGA DAN BERI SOLUSI

Sejak November 2020 lalu, Prengki Simanjuntak resmi ditetapkan sebagai Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Pemuda Batak Bersatu (PBB) Kota Tanjungpinang pada periode 2020 – 2025.

Sejak itu pula ia dan pengurus lainnya tancap gas melakukan aksi sosial ditengah-tengah masyarakat. Bahkan ia kerap turun gunung untuk melihat dan mengetahui keluh kesah warga.

Prengki Simanjuntak menuturkan kehadiran organisasi yang dinakhodainya tersebut semata-mata untuk mengurus dan mendampingi warga yang membutuhkan baik sesama anggota, warga batak maupun diluar warga batak.

Selain itu, hadirnya PBB juga untuk mempererat tali persaudaraan, menggugah kembali rasa cinta dan kasih terhadap sesama warga Batak maupun sesama anak bangsa.

Bahkan aksi sosial yang dilakakun oleh PBB tidak pandang bulu, tidak membeda-bedakan agama dan suku.

Hal itu dilakukan guna merawat kepedulian dan toleransi mengingat sebagian warga Batak merupakan warga pendatang atau perantau di Kota Tanjungpinang.

Adapun beragam aksi sosial yang pernah dilakukan PBB Tanjungpinang mulai dari kepedulian banjir pada Januari 2021 lalu, membagikan sembako kepada warga yang kebanjiran, peduli dengan membawa warga yang kurang mampu dan sebatangkara ke rumah sakit.

Kemudian, ujarnya, mengurus keberangkatan pasien rujukan agar dibiayai pemerintah, mendahulukan biaya keberangkatan pasien rujukan, menalangi terlebih dahulu keberangkatan jenazah yang berduka dengan harga yang relatif murah baik dari Jakarta-Tanjungpinang maupun Batam ke kampung halaman, serta mengurus administrasi kedukaan di Tanjungpinang.

Selain itu ia dan pengurus PBB lainnya juga bergotong royong memperbaiki jalan pemukiman warga, mengikuti donor darah, mengadakan vaksinasi Covid-19, pembagian takjil dan membagikan sembako.

Ketua PBB Tanjungpinang juga acap kali turun tangan langsung mengurus ratusan warga agar terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan gratis, mengusulkan siswa agar masuk Program Indonesia Pintar (PIP), mengurus Nomor Induk Berusaha (NIB) sekaligus mengusukan pelaku usaha supaya mendapatkan dana bantuan UMKM dan mengurus warga yang kecelakaan.

Kemudian Prengki Simanjutak juga sering mengurus perpindahan administrasi kependudukan warga dari luar daerah ke Pemko Tanjungpinang semata-mata agar bisa didaftarkan sebagai penerima manfaat BPJS Kesehatan.

Pengurus Pemuda Batak Bersatu (PBB) Kota Tanjungpinang saat membesuk korban kecelakaan, Sintong Simatupang di RSUD Raja Ahmad Tabib

Ia mengatakan dalam memimpin organisasi, dinamika organisasi biasa terjadi.

Prengki menjelaskan, meski Oktober 2022 lalu begitu menyakitkan baginya dan pengurus PBB lainnya karena ada sejumlah oknum di PBB yang menolak penyerahan bantuan hibah mobil jenazah dari Pemerintah Kota Tanjungpinang ke DPC PBB Tanjungpinang, namun saat ini ia sudah tidak mau lagi ambil pusing.

Pasalnya, kata dia, masih banyak yang harus dipikirkan dan dikerjakan hal-hal positif untuk melayani masyarakat.

Bahkan ia merasa enjoy apalagi jikalau bisa melakukan kegiatan aksi sosial yang nyata ditengah-tengah masyarakat.

“Selain bisa menyalurkan bakat dalam dunia jurnalistik untuk mengadvokasi (mendampingi) warga, sekalian juga kita memperbanyak amal dan kebaikan. Bagiku hidup itu harus bisa menjadi berkat buat keluarga kita dan juga orang lain. Kalau kita hidup dalam berorganisasi harus kuat dan enerjik, karena tidak ada organisasi tanpa dinamika, tergantung kita bagaimana kita menghadapinya dan menyelesaikannya,” ujarnya.

TERJUN KE POLITIK SARANA MEMPERJUANGKAN ASPIRASI

Prengki Simanjuntak, yang juga Ketua Partai Hanura Kecamatan Tanjungpinang Timur itu kini masuk dunia politik menjadi Anggota DPRD Kota Tanjungpinang 2024-2029.

Menurut Pria yang tergolong dari keluarga sederhana itu, Dapil Tanjungpinang 3 merupakan pilihan yang tepat baginya untuk mewakili dan memperjuangkan aspirasi warga.

Adapun dapil tersebut meliputi Kelurahan Kampung Bulang, Kelurahan Melayu Kota Piring dan Kelurahan Batu IX.

Dituturkannya, pencalonan legislatif tersebut berawal dari pergerakan sosial selama ia lakukan di lapangan.

Pasalnya, ia kerap menemukan warga yang kurang mampu justru tidak mendapatkan atau merasakan program-program pemerintah yang telah berjalan.

Menurutnya, hal tersebut selayaknya patut dikawal agar bisa dirasakan warga yang berhak mendapatkannya.

“Dari seorang anak petani, dari orang yang sederhana dan biasa-biasa saja saya hanya ingin berbuat luar biasa sehingga kemaren saya berniat mencalonkan diri. Dan Puji Tuhan, ternyata kuasa Tuhan indah pada waktunya, sehingga diamanahkan menjadi anggota DPRD Kota Tanjungpinang 2024-2029. Untuk itu dengan kerendahan hati, saya memohon doa dari teman-teman semuanya agar Tuhan senantiasa menyertaiku mengemban amanah masyarakat di DPRD Kota Tanjungpinang,” tutupnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.