Gubernur Ansar Berpesan Jadikan MTQH X Ajang Internalisasi Nilai-nilai Al-Quran

Gubernur Ansar Ahmad bersama Wali Kota Batam Mhd. Rudi saat Malam pembukaan MTQH ke X, Senin (20/5/2024). foto : Diskominfo Kepri

BATAM |WARTA RAKYAT – Gubernur Kepulauan Riau Ansar Ahmad resmi membuka Musabaqah Tilawatil Qur’an dan Hadis (MTQH) X di Astaka Utama Alun-alun Engku Putri, Batam Center, Senin (20/5) malam.

Pembukaan MTQH X Provinsi Kepri ditandai dengan pemukulan kompang oleh Gubernur Ansar, didampingi oleh Ketua TP-PKK Kepri, Wakil Gubernur Kepri selaku Ketua LPTQ, Bupati dan Walikota se-Kepri, Forkopimda, Ketua Dewan Hakim dan Ketua Panitia Pelaksana.

Dalam sambutannya, Gubernur Ansar berpesan agar ajang ini tidak hanya dijadikan sebagai acara seremonial belaka. Namun harus ada pesan yang terkandung di dalamnya.

“Kita dorong masyarakat untuk membaca dan mendalami Al-Quran dan menginternalisasi nilai-nilainya di dalam kehidupan dan di tengah-tengah masyarakat” pesannya.

Ia juga berpesan kepada para Dewan Hakim untuk dapat kiranya memberikan penilaian yang objektif dan sebaik-baiknya.

“Karena penyelenggaraan MTQH X ini juga salah satu faktor yang menentukan adalah penilaian dewan hakim, agar kita bisa menghasilkan Qori dan Qoriah yang berkualitas dan nanti bisa dapat menjadi duta-duta Provinsi Kepri di ajang MTQH Nasional yang akan di selenggarakan di bulan september yang akan datang” kata Gubernur Ansar.

Tak lupa Gubernur Ansar mengucapkan terima kasih kepada Pemko Batam dibawah kepemimpinan Muhammad Rudi yang menjadi tuan rumah, para bupati dan walikota, dan Wakil Gubernur Kepri Marlin Agustina selaku ketua LPTQ Kepri.

“Terima kasih kita sampaikan kepada Pemerintah Kota Batam yang berkenan menjadi tuan rumah penyelenggaraan MTQH X Provinsi kepri tahun 2024. Juga kepada teman-teman bupati dan walikota yang telah ikut berpartisipasi aktif membawa seluruh kafilahnya ikut serta dalam semua rangkaian kegiatan MTQH X Provinsi Kepri. Dan juga kepada Ketua LPTQ ibu Wakil Gubernur beserta jajaran LPTQ Kepri yang bekerja bersama-sama mempersiapkan penyelenggaraan MTQH X Provinsi Kepri, Mudah-mudahan semua menjadi ladang amal ibadah kita semua” pungkasnya.

MTQH X Tingkat Provinsi Kepulauan Riau Tahun 2024 yang dipusatkan di Kota Batam akan diselenggarakan selama 8 hari terhitung mulai tanggal 20 sampai dengan 27 Mei 2024.

Sebagai informasi, rangkaian kegiatan MTQH X Tingkat Provinsi Kepulauan Riau Tahun 2024 akan diawali dengan malam ta’aruf pada Minggu (19/5) malam di Ballroom Pasific Palace Hotel, kemudian dilanjutkan dengan pawai ta’aruf, pelantikan dewan hakim, pembukaan bazar, dan Malam Pembukaan pada Senin (20/5).

Kemudian pelaksanaan MTQH dari Selasa (21/5) hingga Minggu (26/5). Acara ditutup dengan sidang pleno dewan hakim dan Penutupan secara resmi pada senin, (27/5).

Pagelaran MTQH X Tingkat Provinsi Kepulauan Riau tahun 2024 akan melombakan sebelas cabang musabaqah, di antaranya Cabang Seni Baca Al-Qur’an, Qira’at Al-Qur’an, Hafalan Al-Qur’an, Tafsir Al-Qur’an, Fahmil Al-Qur’an, Syarhil Al-Qur’an, Seni Kaligrafi Al-Qur’an, Karya Tulis Ilmiah Al-Qur’an (KTIQ), eksibisi, Musabaqah Al-Hadits, dan Rebana.

Adapun venue pelaksanaan selain di astaka utama adalah di Masjid Tanjak Batam, Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah, SMPN 31 Batam, Politeknik Batam, One Mall Batam, Mega Mall Batam, dan Gedung LAM Batam. (Ca)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.