Pemko Tanjungpinang Usulkan Kuota CPNS dan PPPK ke Kementerian PANRB

TANJUNGPINANG | WARTA RAKYAT – Pemerintah Kota Tanjungpinang telah mengusulkan formasi seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) 2024 ini ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB).

Formasi CASN 2024 yang diusulkan diantaranya formasi Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja (PPPK) dan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

Bacaan Lainnya

“Kita baru mengusulkan ke Menpan RB, bulan depan baru memutuskan kita menerima kuota CASN berapa,” kata Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Tanjungpinang Tamrin Dahlan, Selasa (30/1/2024).

Tamrin merincikan jumlah kuota CASN 2024 yang diusulkan ke Menpan RB yakni PPPK sebanyak 495 formasi dan CPNS hanya 15 formasi.

Menurutnya, formasi PPPK dibuka khusus untuk pegawai tidak tetap (PTT) lulusan SMA, teknis, kesehatan dan pendidikan di lingkungan Pemko Tanjungpinang.

“Sedangkan 15 formasi CPNS untuk dokter umum dan spesialis,” ujarnya.

Dia menjelaskan, tahun ini memang diprioritaskan mengusulkan formasi PPPK. Karena target dari pemerintah pusat Desember 2024 masalah PTT sudah selesai semuanya.

Berdasarkan data BKPSDM, sebanyak 800 lebih orang terdata sebagai PTT di lingkungan Pemko Tanjungpinang.

Kata Tamrin, 300 diantaranya telah dinyatakan lulus PPPK 2023 lalu. Mereka yang lulus saat ini masih menunggu prosesi pelantikan.

“Mudah-mudahan 2024 kita terima 400 PPPK, jadi sisanya sekitar 100 orang lagi. 100 orang ini menjadi atensi kita di tahun mendatang,” ujarnya.

Diketahui, Presiden Joko Widodo telah mengumumkan total formasi CPNS tahun ini akan dibuka sebanyak 2,3 juta formasi.

Dari total lowongan yang ada, terdapat 1.605.694 posisi untuk formasi PPPK 2024, yang mencakup alokasi formasi dari instansi pusat maupun daerah.

Sementara itu, kuota formasi CPNS 2024 yang dapat diikuti oleh pelamar umum dan fresh graduate adalah sebanyak 690.822 posisi.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.