Jelang Nataru 2023-2024 E-Ticketing Pelabuhan Kepri Masuki Tahap Inventarisasi

E-ticketing

TANJUNGPINANG | WARTA RAKYAT
Menuju penghujung tahun 2023, operasional e-ticketing sudah siap melayani ratusan ribu pengunjung setiap harinya di Pelabuhan Domestik Batam, Pelabuhan Sekupang, dan Selanjutnya akan diberlakukan di Pelabuhan Sri Bintan Pura Tanjungpinang.

Sebagai satu-satunya perusahaan lokal Indonesia yang menangani e-ticketing Pelabuhan, PT Mitra Kasih Perkasa (MKP) memastikan seluruh alur proses pembelian, validasi, pembayaran tiket Ferry Batam terpantau secara real time melalui dashboard MKP.

Bacaan Lainnya

Diberlakukan sejak tanggal 14 November 2023, transisi implementasi e-ticketing sudah memasuki tahap inventarisasi.

Nicholas Anggada, CEO & Co-Founder MKP mengatakan bahwa implementasi sistem e-ticketing terbagi menjadi tiga tahapan.

Tahap awal implementasi dimulai dengan transisi karcis manual menjadi electronic ticketing untuk memastikan One Man One Ticket berlaku di area Pelabuhan.

Tahap kedua adalah inventarisasi, yang sedang digarap agar dapat efektif digunakan menangani tingginya traffic masa Natal dan Tahun Baru.

“Semua proses implementasi pasti butuh langkah strategis, saat ini e-ticketing Pelabuhan masuk ke tahap inventarisasi ketersediaan tempat duduk penumpang,” ujarnya dalam keterangan, Kamis (21/12/2023).

“Dengan begitu, jadwal dan availabilitas kapal terkoneksi dengan sistem e-ticketing supaya output yang kita hasilkan adalah one man-one ticket-one seat. Sesuai komitmen KSOP, Pelindo, Jasaraharja, dan MKP dan Pemerintah daerah setempat, di awal bahwa e-ticketing harus membawa kebermanfaatan aman, nyaman, cepat, dan mudah,” sambungnya.

Tahap ketiga implementasi e-ticketing adalah distribusi tiket pada berbagai platform, agar Masyarakat dapat melakukan pembelian sekaligus pembayaran tiket kapal dengan mudah.

“Tahap satu dan dua ini kami persiapkan sebagai pondasi tahap ketiga, yaitu Omnichannel Distribution. Penumpang akan dapat membeli tiket di berbagai platform seperti mobile banking, web booking, dan berbagai Online Travel Agent (OTA),” tambah Nicholas.

Sejalan dengan tahapan inventarisasi, PELINDO yang merupakan Operator BUP Sri Bintan Pura di Tanjungpinang terus melakukan supervisi agar fasilitas e-ticketing ini dapat berjalan dengan , PELINDO selalu siap support agar nilai tambah e-ticketing ini cepat dapat dirasakan Masyarakat Tanjungpinang dan Batam.

“Kembali lagi ke tujuan awalnya, PEMDA Tanjungpinang Melalui PJ.Walikota Tanjungpinang Bapak Hasan S,Sos beserta PELINDO dan Stake Holder Maritim ingin pastikan bahwa kebermanfaatan yang diberikan dari sistem e-ticketing ini mendukung pelayanan terbaik untuk Masyarakat,” ujarnya.

E-Ticketing Pelabuhan di Batam saat ini sudah digunakan di Pelabuhan Domestik Punggur, Pelabuhan Sekupang, dan selanjutnyan akan di Terminal Penumpang Domestik Pelabuhan Sri Bintan Pura.

Pengembangan sekaligus perbaikan sistem e-ticketing terus dilakukan, agar traffic tiket jelang Natal dan Tahun Baru dapat dipantau, proses transaksi mudah, dan berjalan secara transparan, dan pastinya kami MKP selalu Butuh Suport dari semua Kalangan (Tutup Nicolas)

Customare Care/Kotak Saran E-ticketing MKP : +62811608272

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.