Tertibkan Pedagang Jalanan, Rahma Beri Bantuan Modal Usaha

Pedagang
Wali Kota Tanjungpinang Rahma langsung mengunjungi rumah salah satu penjual tisue dan melihat lokasi tempat tinggalnya dapat dibuat untuk membuka usaha kecil

TANJUNGPINANG | WARTA RAKYAT – Wali Kota Tanjungpinang Rahma bersama dengan Dinas Sosial menertibkan pengemis hingga pedagang yang berjualan di perempatan lampu lalu lintas atau traffic light di wilayah setempat, Selasa (27/6/2023).

Penertiban dilakukan di traffic light Batu 6 dan Lapangan Pamedan Ahmad Yani. Rahma mengatakan, penertiban dilakukan untuk memberikan solusi agar mereka tidak kembali melakukan aktifitas di jalanan.

Bacaan Lainnya

Menurutnya, hal ini sebagai bentuk kepedulian dan perhatian Pemerintah, dengan merangkul mereka untuk dicarikan solusi lain selain berjualan di pemberhentian lampu lalu lintas.

“Dengan memberikan solusi untuk menjalankan usaha lain atau dibekali keterampilan agar memiliki pekerjaan lain yang lebih layak. Penertiban ini juga karena mengutamakan faktor keselamatan mereka karena berada di jalanan,” ujarnya.

Rahma menyampaikan, dengan pendekatan persuasif untuk mengarahkan mereka menjalankan usaha lain yang dapat dilakukan.

“Dengan menanyakan keterampilan atau kemampuan yang dimiliki agar dapat diarahkan dan diberikan pelatihan untuk mengasah kemampuannya sebagai upaya membantu bangkit dari kondisi ekonomi sulit,” ujarnya.

“Jika mampu berdagang, dibantu dengan memberikan kebutuhan usaha dan didampingi, atau jika memiliki kemampuan usaha dibidang lain akan dibina serta dilatih sesuai kemampuan melalui dinas perdagangan atau dinas sosial untuk dicarikan solusi yang tepat agar tidak lagi kembali ke jalanan,” sambungnya.

Selanjutnya, Rahma juga langsung mengunjungi rumah salah satu penjual tisue dan melihat lokasi tempat tinggalnya dapat dibuat untuk membuka usaha kecil. Ia menyampaikan, Pemko Tanjungpinang akan memberikan modal usaha agar dapat berjualan di rumah saja.

“Karena kami juga melihat lingkungan disini juga cukup ramai, sehingga tidak perlu lagi berjualan di jalanan. Dengan usaha dirumah diharapkan menjadi lebih mandiri dan ekonomi semakin baik, intinya harus ada kemauan dan punya semangat untuk berubah,” lanjutnya.

Rahma langsung mengarahkan Dinsos Kota Tanjungpinang untuk secepatnya memberikan bantuan berupa tempat beserta barang dagangannya.

“Modal usaha yang diberikan berupa kebutuhan pokok sehari-hari seperti beras, gula, minyak, tepung dan lainnya yang dibutuhkan masyarakat sekitar untuk memulai usaha ini. Dimulai dari kecil-kecilan, mudah-mudahan dengan ketekunan usaha ini akan semakin besar,” harapnya.

Rahma berharap dengan solusi ini dapat membantu masyarakatnya memiliki usaha atau pekerjaan lebih baik. “Jadi tidak hanya menertibkan tetapi juga memberikan solusinya,” pungkasnya.

Ikuti Selengkapnya Artikel Kami di Google News – Wartarakyat.co.id

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.