PPDB Tanjungpinang Dibuka Akhir Juni, Awal Dibuka Jalur Afirmasi

PPDB
Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Tanjungpinang Safarilis (Foto: Dok Wartarakyat.co.id)

TANJUNGPINANG| WARTA RAKYAT –  Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di Tanjungpinang, Kepulauan Riau, akan dibuka pada akhir Juni 2023 mendatang.

Sekretaris Disdik Kota Tanjungpinang Saparilis mengatakan, pihaknya sudah mulai melakukan berbagai tahapan menjelang pembukaan PPDB tahun ajaran baru 2023-2024 tersebut.

Bacaan Lainnya

Adapun tahapan yang telah dilakukan yakni melakukan sosialisasi tentang PPDB kepada seluruh kepala sekolah TK, SD dan SMP se-Tanjungpinang.

Selain itu juga sudah melakukan sosialisasi kepada seluruh lurah dan camat, untuk bermohon menyampaikan kepada seluruh masyarakat, bahwa PPDB akan dilakukan dengan 4 tahap atau jalur.

“4 tahap itu yakni, jalur afirmasi, prestasi, zonasi dan perpindahan orang tua. Kita mulai buka PPDB akhir Juni 2023 dan berakhir pada 5 Juli 2023,” kata Saparilis belum lama ini.

Menurutnya, sosialisasi ini dilakukan agar seluruh elemen masyarakat bisa mengetahui lebih awal sebelum sistem PPDB tersebut dibuka.

Apalagi, tambah dia, tahun ini ada sedikit perbedaan dengan tahun sebelumnya. Yakni yang tahun sebelumnya jalur prestasi dibuka lebih awal, namun tahun ini didahulukan jalur afirmasi.

“Bedanya itu aja, karena sekarang kita mengutamakan pendaftaran orang yang kurang mampu (afirmasi) terlebih dahulu,” terangnya.

Lebih lanjut ia menambahkan, 4 jalur yang akan dibuka tersebut, memiliki kuota diantaranya, afirmasi 15 persen dari kuota, 10 persen jalur prestasi, 5 persen perpindahan orang tua dan sisanya jalur zonasi.

“Untuk jalur zonasi tingkat SD sebesar 80 persen, sedangkan SMP sebesar 70 persen,” ucapnya.

Ia pun berharap, jika PPDB nanti sudah dibuka bisa berjalan dengan baik dan lancar. Pihaknya juga sudah menyiapkan jaringan yang semaksimal mungkin agar tidak ada kendala dalam proses pendaftaran.

“Alhamdulillah tahun lalu tidak ada kendala, saya harap tahun ini juga berjalan lancar,” tukasnya.

Ikuti Selengkapnya Artikel Kami di Google News – Wartarakyat.co.id

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.