636 Pantarlih Mulai Coklit 166 Ribu Pemilih di Tanjungpinang

Coklit
Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tanjungpinang Muhammad Hafidz Dwi Prayoga (Foto: RRI Tanjungpinang)

TANJUNGPINANG | WARTA RAKYAT – Sebanyak 636 orang Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) di Kota Tanjungpinang mulai melakukan pencocokan dan penelitian (coklit) calon pemilih untuk Pemilu 2024 mendatang.

Ratusan petugas ini bertugas untuk menuntaskan coklit kepada 166.799 orang penduduk potensial pemilih pada Pemilu 2024 di Kota Tanjungpinang.

Bacaan Lainnya

Coklit hari pertama dilakukan pada Minggu (12/2/2023), akan berakhir sampai 14 Maret 2023 mendatang.

Komisioner KPU Tanjungpinang Muhammad Hafidz Dwi Prayoga mengatakan, Coklit ini dilakukan Pantarlih yang sudah dilantik sejak Minggu, 12 Februari 2023.

“Ada sebanyak 636 Pantarlih yang sudah dilantik oleh PPS. Jumlah Pantarlih ini sama dengan jumlah TPS di Tanjungpinang, artinya satu TPS satu Pantarlih,” katanya, Senin (13/2/).

Ia meminta kepada seluruh masyarakat Tanjungpinang, agar bisa mendukung dan bisa bekerja sama terhadap Pantarlih tersebut.

“Pantarlih akan mulai mendatangi ke rumah warga satu persatu untuk Coklit, nanti Pantarlih akan mencocokan KTP dan KK warga yang juga datanya sudah dipegang oleh Pantarlih,” terangnya.

Ia menyampaikan, setelah Pantarlih sudah selesai melakukan Coklit, maka tahapan selanjutnya dilalukan Daftar Pemilihan Sementara (DPS) oleh KPU Tanjungpinang.

“Nanti juga dilakukan DPS perbaikan. Sedangkan penetapan DPT dilakukan pada 19 Juni 2023 mendatang. Salah satu tujuan utama Coklit ini untuk penetapan DPT,” imbuhnya.

Ikuti Selengkapnya Artikel Kami di Google News – Wartarakyat.co.id

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.