Tongkat Komando Lanal Ranai Berganti

83
Tanjungpinang
Tongkat komandan pangkalan TNI angkatan laut (Danlanal) Ranai resmi dijabat Kolonel Laut (P) Tunggul

NATUNA | Warta Rakyat – Tongkat komandan pangkalan TNI angkatan laut (Danlanal) Ranai resmi dijabat Kolonel Laut (P) Tunggul setelah serah terima jabatan di lapangan apel Markas Komando (Mako) Lanal Ranai Kabupaten Natuna Kepulauan Riau, Rabu (9/10).

Serah terima jabatan dipimpin langsung Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) IV Laksamana Pertama TNI Arsyad Abdullah.

Jabatan Danlanal Ranai resmi diserah terimakan melalui upacara militer, dari Kolonel Laut (P) Harry Setyawan, kepada Kolonel Laut (P) Tunggul. Kolonel Harry Setyawan, selanjutnya akan menjabat sebagaiAsisten Operasi Komandan Gugus Keamanan Laut (Asops Daguskamla) Koarmada I di Batam Kepri.

Sedangkan Kolonel Laut (P) Tunggul sebelumya menjabat sebagai Komandan Pusat Pendidikan Pelaut (Danpusdikpel) di Komando Pendidikan dan Latihan TNI AngkatanLaut (Kodiklatal) di Surabaya.

Tanjungpinang

Danlantamal IV mengatakan bahwa  serah terima jabatan Komandan Lanal Ranai yang diselenggarakan pada hari ini, pada hakikatnya merupakan mata rantai pembinaan personel dalam suatu organisasi.

Yaitu dalam rangka mendinamisasikan organisasi di jajaran TNI Angkatan Laut agar lebih mampu menjawab tantangan tugas ke depannya.

“Hal ini tentunya dimaksudkan agar senantiasa responsif, antisipatif dan adaptif terhadap setiap perubahan lingkungan strategis yang terjadi,” katanya.

Danlantamal IV mengharapkan, dapat memberikan nuansa baru yang dapat memotivasi tumbuhnya kreativitas dan inovasi serta upaya yang lebih baik untuk mencapai tujuan dan sasaran organisasi yang telah ditetapkan”,harapnya.

Lebih jauh dikataan bahwa Lanal Ranai selaku pelaksana dukungan bagi satuan operasional, berkedudukan langsung di bawah Lantamal IV, mempunyai tugas pokok menyelenggarakan dukungan logistik serta administrasi bagi unsur-unsur TNI Angkatan Laut.

“Baik Kapal Perang RI (KRI), pesawat udara (Pesud) dan personel TNI Angkatan Laut, yang melaksanakan patroli di perairan yang menjadi tanggung jawabnya,” jelasnya.

Laksma TNI Arsyad juga menjelaskan, wilayah operasional Lanal Ranai memiliki tingkat kerawanan yang cukup tinggi, karena terdapat jalur pelayaran internasional yaitu ALKI-1 yang berbatasan langsung dengan negara tetangga yaitu Malaysia dan Vietnam, serta laut Cina Selatan.

Maka dapatlah dikatakan bahwa tugas-tugas tersebut tidaklah ringan, untuk itu dituntut mampu menjadi penggerak utama organisasi, cermat membaca perkembangan situasi, dapat membina dan menggerakkan segenap potensi yang ada, baik personel, materiil serta  potensi lainnya,  sehingga mampu memberikan hasil yang optimal.

“Untuk itu, diharapkan mampu melaksanakan apa yang menjadi tugas pokok dan tanggung jawabnya dengan sebaik-baiknya,” jelasnya.

Kepada pejabat lama Danlantamal IV memberikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada Kolonel Laut (P) Harry Setyawan  atas dedikasi, loyalitas dan kerja keras saudara dalam memimpin Lanal Ranai selama ini, disertai doa semoga saudara dapat meraih sukses di tempat penugasan yang baru.

Tidak lupa saya ucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada Nyonya Harry Setyawan dalam mendampingi tugas suami, khususnya dalam pembinaan Jalasenastri cabang 8 Korcab IV Daerah Jalasenastri Armada I.

Selanjutnya kepada Kolonel Laut (P) Tunggul, saya beserta jajaran Lantamal IV mengucapkan selamat datang serta selamat atas kepercayaan yang diberikan oleh pemimpin TNI Angkatan Laut kepada saudara untuk mengemban tugas yang baru sebagai Komandan Lanal Ranai.

“Saya percaya dengan berbekal pengetahuan, pengalaman dan penugasan sebelumnya, saudara akan dapat melaksanakan tugas dengan baik,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.