Tiga IKM Tanjungpinang Miliki Sertifikat HACCP Internasional, Apa Manfaatnya?

Sertifikat
Tiga industri kecil menengah (IKM) binaan Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Tanjungpinang telah memperoleh sertifikat Hazard Analysis Critical Control Point (HACCP) internasional [Foto: Dok Kominfo Tanjungpinang]

TANJUNGPINANG | WARTA RAKYAT – Tiga industri kecil menengah (IKM) binaan Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Tanjungpinang telah memperoleh sertifikat Hazard Analysis Critical Control Point (HACCP) internasional.

Kepala Disdagin Tanjungpinang Riany menyampaikan, proses mendapatkan sertifikasi internasional ini melibatkan pendampingan intensif selama 2,5 bulan.

Bacaan Lainnya

Termasuk penilaian di setiap fasilitas produksi IKM yang mematuhi standar khusus.

Menurutnya, pertemuan virtual dengan tenaga ahli pangan nasional, Food Standard Consultant, juga menjadi bagian penting dalam memastikan pemenuhan persyaratan.

Setelah melewati tahapan tersebut, sertifikat HACCP diterbitkan setelah mengikuti audit ulang oleh lembaga auditor Sucofindo.

Dengan sertifikat keamanan pengolahan pangan internasional yang berhasil didapatkan, tiga IKM ini kini semakin mendekat ke pangsa pasar ekspor.

Ketiga IKM tersebut adalah IKM Kyria Rezeki dengan produk kerupuk gonggong, IKM Sari Rama Rasa yang memproduksi Cakar Ayam dan IKM JH Snack Abadi dengan produk kacang bumbu.

“Kami berharap dukungan seperti ini akan terus menjadi motivasi bagi pelaku IKM Tanjungpinang untuk terus meningkatkan kualitas dan produktivitasnya,” ujar Riany melansir dari situs Pemko Tanjungpinang, Selasa (2/1/2024).

Sementara itu, Kabid Perdagangan Disdagin Tanjungpinang Riany mengatakan, memiliki sertifikat HACCP bagi IKM akan memberikan dampak besar untuk perkembangan usaha ke depan.

“Dengan sertifikat Hazard, IKM yang telah memenuhi semua persyaratan akan semakin melangkah jauh. Permohonan pendampingan teknis kepada Kementerian Perindustrian R.I. untuk peluang di negara tertentu yang membutuhkan sertifikat Hazard semakin terbuka lebar,” ujar Endy.

Manfaat dari sertifikasi ini sangat penting, khususnya untuk memberikan keyakinan kepada calon pembeli dan memastikan pemenuhan standar produk.

“Yang tak kalah pentingnya adalah memenuhi standar produk di pasar internasional negara-negara yang menerapkan standar cukup ketat,” tambah Endy.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.