Rakor Kesiapan Nataru 2023-2024 di Wilayah Terminal Penumpang Pelabuhan Kijang

Rakor
Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas III Pelabuhan Kijang bersama PT Pelindo Cabang Tanjungpinang mengadakan Rapat Koordinasi Kesiapan Angkutan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru)

BINTAN | WARTA RAKYAT – Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas III Pelabuhan Kijang bersama PT Pelindo Cabang Tanjungpinang mengadakan Rapat Koordinasi Kesiapan Angkutan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru).

Rapat koordinasi dilaksanakan di ruang rapat kantor Pelindo Cabang Tanjungpinang di Kijang bersama seluruh stakeholder maritim yang ada di wilayah Pelabuhan Kijang dan Pemerintah Daerah, Kamis (7/12/2023).

Bacaan Lainnya

Rakor dilaksanakan menindaklanjuti Instruksi Direktur Jendral Perhubungan Laut Nomor IR-DJPL 6 Tahun 2023 Kementrian Perhubungan RI, tentang Penyelenggaraan Angkutan Laut Natal 2023 dan Tahun baru 2024.

Rakor dibuka langsung oleh dibuka langsung Kepala KSOP Kijang Yuniarsono bersama Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Kepri Junaidi didampingi General Manager (GM) Pelindo Cabang Tanjungpinang Darwis.

Kepala KSOP Kijang mengharapkan dalam menjaga Posko Nataru 2023-2024 secara optimal, sinergi pelayanan di lapangan dalam pelayanan embarkasi dan debarkasi penumpang.

“Antisaspasi perubahan cuaca, sinergi terpadu terkait pelaksanaan koordinasi dari Tim X-ray tentang barang-barang bahaya penumpang,” ujarnya.

Kepala Dishub Kepri Junaidi menyampaikan, secara nasional peningkatan jumlah penumpang Sebesar 6 persen di Nataru kali ini. Sementara menurut BMKG Tanjungpinang curah hujan pada Desember 2023 Cukup tinggi samp Januari 2024.

Disisi keamanan Polsek Bintan Timur dan Polairud Bintan bersinergi bersama Tim Keamanan di Pelabuhan baik itu KSOP, Satpam Pelindo dan BKO Pengamanan Pelindo serta untuk pengamanan barang penumpang bersama tim Bea Cukai di Pelabuhan Kijang, siap mendukung Nataru 2023 dan 2024 aman lancar.

Ditempat yang sama, PT PELNI (Persero) sebagai satau-satunya operator kapal penumpang yang beroperasi di Pelabuhan Kijang menyampaikan, KM Kelud tidak beroperasi di Pelabuhan Kijang mulai 7 Desember 2023 karena dialihkan taryeknya Periok – Batam -Tanjung Balai Karimun dan Belawan sampai dengan akhir tahun.

Menurutnya, semua penumpang wajib memiliki tiket, pembeliaan tiket diutamakan melalui aplikasi online yang telah disediakan oleh PELNI (PELNI Mobile E-ticketing) dan jika dalam pemeriksaan tiket di Pelabuhan nama identitas dengan nama di boarding tiket tidak sama.

“Mohon maaf kami tidak mengijinkan masuk ke kapal dan Pelni siap mendukung dan berkolaborasi mensukseskan Nataru 2023-2024,” kata Manajemen PELNI tanjungpinang.

Rakor Ini juga dihadiri Kantor Kesehatan Pelabuhan, Distrik Navigasi, Jasa Raharja, Balai Karantina, Posmat AL & Koramil, Imigrasi Tanjungpinang dan Bea Cukai serta Insan Maritim Lainnya.

Pada kesimpulannya semua sap mendukung dan siap berkoordinasi dan berkolaborasi menciptakan angkutan Nataru 2023-2024 di wilayah terminal penumpang Pelabuhan Kijang, aman lancar dan selamat,

Dikesempatan yang sama, Darwis GM PELINDO Regional 1 Cabang Tanjungpinang mengucapkan terimakasih pelaksanaan rapat koordinasi Nataru 2023-2024 dilaksanakan di Kantor Pelindo.

Darwis mohon maaf, jika sedikit terganggu pelayanan di terminal penumpang Pelabuhan Kijang, sedang dalam proses penataan atau rehab terminal penumpang Kijang, demi peningkatan pelayanan yang ecxelent dan fasilitas terstandarisasi kepada pengguna jasa.

“Terkait sarana prasarana di terminal penumpang, baik kesiapan terminal, air bersih, dermaga dan kelancaran arus penumpang serta koordinasi serta kolaborasi dalam Nataru 2023-2024 kami management PELINDO selalu Siap dan selalu Mendukung, semoga angkutan NATARU 2023-2024 ini, lancar dan aman,” imbuhnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.