Pembelian Tiket Kapal di Pelabuhan SBP Tanjungpinang akan Gunakan E-ticketing

E-ticketing

TANJUNGPINANG | WARTA RAKYAT – Pelabuhan Sri Bintan Pura (SBP) Tanjungpinang berencana akan menerapkan pembelian tiket kapal menggunakan sistem online atau melalui e-ticketing. Dalam penerapan e-ticketing mengandeng perusahaan provider lokal PT Mitra Kasih Perkasa (MKP) sebagai aplikator.

Direktur MKP Febrian Wicaksono mengatakan, sebelum penerapan e-ticketing pihaknya akan melakukan trail atau uji coba. Tahap uji coba awal penerapan e-ticketing hanya untuk rute Pelabuhan SBP Tanjungpinang-Pelabuhan Telaga Punggur Batam.

Bacaan Lainnya

“Untuk trail direncanakan akan dilaksanakan bulan ini,” kata Febrian Wicaksono usai talks show dan sosialisasi penerapan e-ticketing di salah satu hotel di Tanjungpinang, Jumat (8/12/2023).

Menurutnya, selama masa uji coba pengguna e-ticketing tidak dikenakan biaya jasa IT. “Setelah dirasa bermanfaat bagi masyarakat, kita akan ada kenaikan biaya. Tapi balik lagi kepada kemudahan untuk masyarakat,” ujarnya.

Febrian menyampaikan, pihaknya bersama Pelindo, KSOP, Pemko Tanjungpinang, hingga Pemprov Kepri hingga operator kapal saling bersinergi untuk menerapkan e-ticketing ini.

Menurutnya, e-ticketing sangat dibutuhkan untuk membantu memudahkan masyarakat dalam bidang pelayanan transportasi laut.

“Ada beberapa hal yang harus kita konsentrasikan, yaitu kenyamanan, keamanan, kemudahan dan transparansi kepada masyarakat,” ucapnya.

Ia mengungkapkan, adanya e-ticketing ini dapat mengurangi antrean yang terjadi loket tiket pelabuhan. Selain itu, masyarakat yang menggunakan transportasi laut bisa melihat jadwal kapal, tanpa perlu datang ke pelabuhan.

“Kita akan mengurai antrean, dan akan mudah memastikan jadwal kapal. Ini sudah satu paket dengan Pass (tiket masuk) pelabuhan,” tambahnya.

Ia menerangkan, penerapan e-ticketing perlu segera dilakukan, mengingat hal ini menjadi spirit melakukan digitalisasi, terutama di Pelabuhan SBP.

MKP, lanjutnya, sudah bekerjasama dengan Pelabuhan Punggur dan Sekupang Batam. Penerapan e-ticketing di dua pelabuhan tersebut masih terus berjalan.

“Untuk aplikasinya akan kita launching segera, untuk platfrom MKP dan salah satunya ialah livin mandiri. Dimana nasabah sudah bisa memesan tiket dengan Livin Mandiri,” kata Febrian.

Selain itu, MKP juga akan melakukan distribusi di aplikasi traveloka, shopee, tiketkapal.com, tokopedia dan aplikasi lainnya. “Karena masyarakat tidak asing lagi dalam menggunakan aplikasi-aplikasi tersebut,” imbuhnya.

Ditempat yang sama, General Manager Regional 1 Cabang Tanjungpinang Darwis menyampaikan, Pelindo sangat mendukung adanya digitalisasi E-Ticketing di Pelabuhan SBP.

Jika memang sudah layak diterapkan di Pelabuhan SBP Tanjungpinang, Pelindo akan terus support dalam program berbasis non tunai dan single data tersebut.

“Kami ucapkan terimakasih kepada MKP, ini aplikator yang bagus. Karena sebelumnya mereka sudah gencar melakukan sosialisasi. Ini harus dicontoh,” kata Darwis.

Kedepannya, tidak menutup kemungkinan terminal internasional Pelabuhan SBP Tanjungpinang juga akan menerapkan e-ticketing. Namun, pihaknya akan fokus terlebih dahulu untuk menerapkan di domestik.

“Kita akan melakukan trail dulu, karena kita harus detail dengan hal ini. Yang jelas kita sangat mendukung dengan adanya program digitalisasi e-ticketing,” tambah Darwis.

Halaman selanjutnya Pemko Tanjungpinang mendukung penerapan e-tiketing di Pelabuhan Sri Bintan Pura Tanjungpinang

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.