Cegah Kecelakaan, PBB Tanjungpinang Semenisasi Jalan Berlubang di Jalan Ikan Mas

265
Pengurus dan Anggota Pemuda Batak Bersatu (PBB) Kota Tanjungpinang memperbaiki jalan berlubang di jalan Ikan Mas, RT 001 /RW 05 Kelurahan Air Raja, Kecamatan Tanjungpinang Timur, Kota Tanjungpinang, Minggu (14/03/2021).

TANJUNGPINANG | WARTA RAKYAT – Dalam rangka mencegah terjadinya kecelakaan, Pengurus dan Anggota Pemuda Batak Bersatu (PBB) Kota Tanjungpinang memperbaiki jalan berlubang di jalan Ikan Mas, RT 001 /RW 05 Kelurahan Air Raja, Kecamatan Tanjungpinang Timur, Kota Tanjungpinang, Minggu (14/03/2021).

Baca juga:

Sebelumnya organisasi kemasyarakatan yang berskala nasional itu juga melakukan penimbunan jalan yang menganga yang berada diruas jalan tersebut.

Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Pemuda Batak Bersatu (PBB) Kota Tanjungpinang, Prengki Simanjuntak, S.IP mengatakan sejumlah pengurus melakukan perbaikan (semenisasi) jalan yang berstatus kota itu lantaran tidak masuk dalam program APBD tahun 2021.

Hal itu diketahui setelah mendapatkan informasi dari Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Tanjungpinang, beberapa hari yang lalu.

Ia menambahkan, pihaknya berinisiatif melakukan gotong royong semata-mata untuk mencegah terjadinya kecekaan bagi warga dan sejumlah anak sekolah SMA yang akan melintasi jalan itu.

“Untuk mencegah kecelakaan bagi warga yang melintas, teman-teman PBB Tanjungpinang, PAC Tanjungpinang Timur dan Bukit Bestar berinisiatif memperbaiki (semenisasi) jalan berlubang di Jl. Ikan Mas (sebelum tugu tangan), Km 12,” katanya,  Minggu (14/03/2021).

“Kita berharap Pemerintah turun tangan untuk memperbaiki jalan tersebut. Kalau bukan pemerintah yang membangun siapa lagi,” tutupnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kota Tanjungpinang, Zulhidayat mengatakan pada tahun 2021 pihaknya akan mengerjakan Jalan setelah tugu tangan.

Sedangkan Jalan Ikan Mas yang terletak sebelum tugu tangan itu pada tahun 2021 ini belum ada perencanaan untuk pengerjaan semenisasi ataupun pengaspalan.

“Tahun ini kita cuma kebagian 5 ruas jalan aja, karena sekarang ini kan terbatas ya karena pandemi,” kata Zulhidayat, Kamis (11/3/2021) saat dikonfirmasi.

Zulhidayat juga mengungkapkan, kedepan Dinas PUPR Tanjungpinang akan memproses jalan yang lahannya sudah ada surat hibah dari masyarakat.

“Tentu harus ada perencanaannya telebih dahulu, setelah ada hibah lahan perencanaan dulu baru nanti kita usulkan untuk pembangunan, anggaran kita untuk pembangunan jalan terbatas, tahun 2021 sekitar 15-20 Milliar lah,” ungkap Zulhidayat.

Ia menegaskan untuk memproses pembuatan jalan harus memiliki hibah lahan lebar 6-8 meter.

Zulhidayat juga menjelaskan, perlunya ruas jalan 6 meter untuk kiri dan kanan karena nantinya jalan tersebut akan dibuat sekaligus untuk drainase

“Karena kalau gak, kami pengalaman berkali-kali sudah kita mau bangun ternyata lahannya bermasalah kita harus pusing sendiri, direpotkan dengan hal-hal begitu, jadi kedepan prioritas kita lahan yang sudah ready dulu,” tutup Zulhidayat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.