Meminimalisir Sampah, Rahma Resmikan Bank Sampah di Perum Hang Tuah Permai

37
Walikota Tanjungpinang meresmikan dan meninjau Bank Sampah Hangtuah Permai (BSHP) di Pos Kamling Perum Hang Tuah Permai RT 006 RW 005 Kelurahan Pinang Kencana Kecamatan Tanjungpinang Timur, Minggu (21/02).

TANJUNGPINANG | WARTA RAKYAT Walikota Tanjungpinang, Rahma meresmikan Bank Sampah Hangtuah Permai (BSHP) di Pos Kamling Perum Hang Tuah Permai RT 006 RW 005 Kelurahan Pinang Kencana Kecamatan Tanjungpinang Timur, Minggu (21/02).

Tema yang di angkat yakni Mengubah sampah menjadi rupiah dan berkah serta Tanjungpinang bersih bebas sampah.

Ketua Bank Sampah Hang Tuah Permai, Nafsiyah mengatakan bank Sampah ini berdiri sejak beberapa Minggu yang lalu di gedung serbaguna hang tuah permai.

“Kita ketahui memang sampah itu sangat bernilai jadi kami mengajak untuk bersama sama membawa sampahnya untuk di jadikan tabungan, kedepan kami akan melakukan sosialisasi kepada guru guru agar di sampaikan kepada anak didiknya untuk menghantarkan sampahnya kepada kami sehingga nanti akan dibuat tabungan yang bernilai rupiah,” ungkapnya.

Nafsiyah juga mengharapkan kepada ketua RT RW mengkoordinir masyarakat setiap bulan agar bisa mengelola sampah sehingga Tanjungpinang bisa bebas sampah dan tidak ada lagi sampah yang berserakan.

Plt Kadis DLH Tanjungpinang, Syamsudi menjelaskan bahwa sampah itu merupakan sesuatu yang bisa menghasilkan dan bermanfaat.

“Sampah itu merupakan sesuatu yang bisa menghasilkan karena pada tema hari ini merupakan hari sampah nasional, intinya kita harus peduli terhadap sampah serta dengan adanya bank sampah ini apabila ada yang bermanfaat maka jual lah sampah tersebut kepada bank sampah,” terang Syamsudi.

Sementara, Walikota Tanjungpinang, Rahma mengungkapkan sudah sekian kalinya Pemko Tanjungpinang meresmikan Bank Sampah, ini merupakan kesekian kali melakukan Peresmian Bank Sampah Hang Tuah Permai untuk membantu menguraikan sampah yang bisa bernilai ekonomis.

“Ini merupakan edukasi yang luar biasa karena selain membantu menguraikan sampah juga bisa bernilai ekonomis, saya sudah melihat sendiri bahwa untuk harga jualnya cukup besar seperti Kertas maupun kardus di hargai Rp 2.300, hal ini membantu kampung kita bersih dari sampah serta tidak ada lagi sampah yang berserakan,” ucap Rahma.

Rahma juga berharap kepada pengurus bank sampah hang tuah permai agar terus mensosialisasikan kepada masyarakat.

Selain itu Rahma meminta kepada lurah Pinang Kencana agar di bentuk Posko Covid 19 dalam memutus mata rantai penyebaran Covid 19.

“Saya menunggu dalam satu Minggu ini khususnya Perumahan Hang Tuah Permai wajib memiliki Posko Covid 19 yang perlu kita terapkan hingga level RT RW untuk menjadi gardan terdepan dalam menangani Covid 19,” pungkas Rahma.

Pewarta : Ilham
Editor     : Prengki

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.