Diduga Lecehkan Wartawan, Pjs Gubkepri Akui Miskomunikasi dan Minta Maaf

495
Pejabat Sementara (Pjs) Gubernur Kepri Bahtiar

TANJUNGPINANG | WARTA RAKYAT – Pejabat Sementara (Pjs) Gubernur Kepri Bahtiar menyampaikan permintaan maafnya kepada awak media terkait adanya dugaan pelecehan terhadap tugas Wartawan saat peliputan agenda kerja Pjs Gubernur Kepri di Pasar Bintan Center Senin (19/10) kemarin.

Pjs Gubernur Kepri dalam klarifikasinya mengatakan bahwa dalam agenda peninjauan pasar kemarin tidak ada niat untuk melecehkan tugas-tugas pilputan wartawan seperti yang ramai diberitakan media online di Tanjungpinang sebab ia paham betul akan tugas Jurnalistik dalam menginformasikan berita-berita kepada masyarakat.

“Secara pribadi kami mohon maaf kepada kawan-kawan media, itu misskomunikasi dilapangan. Kami hendak memberi contoh dan pembelajaran yang baik untuk penerapan protokol kesehatan pada masyarakat untuk selalu memakai masker,” kata Pjs Gubernur Kepri saat klarifikasi kepada awak media di Gedung Daerah, Senin (19/10).

Pjs Gubernur juga mengakui masih adanya kekurangan kesiapan protokol jajarannya dilapangan dalam mempersiapkan agenda kunjungan Pjs Gubernur ke pasar untuk mengedukasi masyarakat menerapkan prokes.

“Saya cek juga kondisinya, saya koreksi di lapangan masih belum bagus. Untuk humas protokol dan penghubung mohon di koreksi untuk lebih tepat lagi sehingga tidak memunculkan kerumunan,” ungkapnya.

Pjs Gubernur Kepri kembali menekankan bahwa agenda Gubernur Kepri kemarin untuk memberi pemahaman kepada warga agar kesadaran mematuhi prokes bisa terlaksana.

“Saya juga minta sama kawan-kawan media membantu kita dalam mengedukasi masyarakat supaya selalu sadar untuk terus mematuhi protokol Kesehatan dengan memakai masker dan cuci tangan,” tutupnya.

Ketua IWO Tanjungpinang, Iskandarsyah

Sementara itu Ketua IWO Tanjungpinang Iskandarsyah mengatakan sangat mengapresiasi permintaan maaf dari Pjs Gubernur Kepri terhadap dugaan pelecehan wartawan.

“Kita sangat mengapresiasi permintaan Pjs Gubernur. Dengan ini saya selaku Ketua IWO Tanjungpinang mewakili anggota menerima permintaan maaf beliau,” ujarnya

Iskandarsyah juga menyampaikan rasa terimakasihnya kepada awak media yang sudah merespon kejadian ini.

“Mudah-mudahan sesama satu Profesi kita bisa terus kompak. Kami juga minta maaf kepada rekan-rekan awak media yang tidak bisa hadir di pertemuan tadi karena harus menerapkan prokes pembatasan undangan,” tutupnya.

Selain itu Iskandar menghimbau kawan-kawan jurnalis agar mengenakan kartu tanda pengenal saat peliputan dilapangan.

“Kami menghimbau kawan-kawan jurnalis tetap menggunakan kartu pers,” tutupnya.

Sebelumnya dikabarkan, Penjabat sementara (Pjs) Gubernur Kepri Bahtiar memantau protokol kesehatan (prokes) di dua pasar di Kota Tanjungpinang, Senin (19/10/2020).

Pasar yang dipantau Pjs Gubernur tersebut yakni Pasar Baru I di jalan Pasar dan Pasar Bintan Centre di Km 9 dengan dihadiri oleh Walikota Tanjungpinang Rahma S.IP dan Sekdako serta beberapa OPD.

Mulai dari Pasar Baru I sampai ke Pasar Bincen, pantauan dilapangan kegiatan tersebut mensosialisasikan protokol kesehatan yakni 3 M yakni Mencuci tangan pakai sabun, Menggunakan Masker jika keluar rumah dan Menerapkan Pisycal Distancing (jaga jarak) untuk menghindari kerumuman.

Namun, usai dari Pasar Bincen, tampak Bahtiar “meradang” saat salah satu wartawan menanyakan apa yang diserukan masyarakat atau pedagang di pasar itu terkait hadirnya Pjs Gubernur ditengah ramainya pengikut berkumpul.

”Sekarang ini kamu berkumpul tak, kamu pakai masker tak? Keliru pertanyaan kamu ini,” katanya dengan nada agak marah.

Merasa wartawan tersebut kurang puas dengan jawaban Pjs Gubernur lalu kembali melontarkan pernyataan.

“Ini pertanyaan masyarakat pak” ujarnya.

Parahnya lagi, Bahtiar yang tadinya berjalan ke depan akhirnya mundur dan berkata, “Kamu itu pakai masker salah, yang ditutup itu hidung bukan mulut,” ucapnya sambil memegang masker meletakkan masker hampir menutup mata wartawan online lintaskepri.com yang diketahui bernama Ajho.

Selanjutnya, Pjs terkesan melecehkan wartawan dengan sedikit kesal, lalu pergi menuju mobil operasionalnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.