AKBP Heribertus Ompusunggu, Sosok Kapolres Simalungun yang Tegas dan Berhati Mulia

537
Kapolres Simalungun AKBP Heribertus Ompusunggu yang dipromosikan menjadi Wakapolres Jakarta Pusat Polda Metro Jaya.(foto-Istimewa)

SIMALUNGUN | Warta Rakyat – Personel polisi di lingkungan Polres Simalungun kehilangan sosok Kapolres Simalungun AKBP Heribertus Ompusunggu, S.IK., M.Si

Pasalnya, AKBP Heri yang sudah menjabat 8 bulan di Polres Simalungun ini dipromosikan menjadi Wakapolres Jakarta Pusat Polda Metro Jaya melalui surat telegram bernomor ST/1383/V/KEP/2020 yang ditandatangani Kapolri Jenderal Idham Azis.

Jabatannya akan digantikan oleh AKBP Agus Waluyo yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolres Toba Samosir.

Meski usia 8 bulan menjabat di Simalungun, banyak kisah dan sosok AKBP Heri yang melekat di mata anak buahnya.

Tanjungpinang

Kabag Ops Polres Simalungun Kompol Widodo SE mengisahkan, bahwa dirinya bersama rekan-rekan lainnya sangat kehilangan sosok kepemimpinan AKBP Heribertus Ompusunggu.

Selain memiki kharisma kepemimpinan yang tegas dan mau memberikan bimbingan bagi anak buahnya, Heri juga memiliki hati yang mulia.

“Walaupun AKBP Heri tegas dalam melaksanakan tugas, tapi beliau memiliki hati yang mulia, beliau sering memberikan bimbingan kepada kami,” ujar Kompol Widodo.

Bahkan, kata Widodo, suami dari Catryn Ompusunggu ini kerap memberi dan membantu warga maupun bawahannya yang kurang mampu.

Kompol Widodo juga menuturkan, AKBP Heri pernah berpesan agar menyisihkan gaji untuk membeli sembako bagi warga kurang mampu.

“AKBP Heri juga pernah berpesan sisihkanlah gajimu membeli sembako untuk warga kurang mampu, dan sayangilah kedua orang tua mu kelak kamu akan mendapat rezeki berlimpah, dan jangan lupa tetap berdoa,” kenang Widodo.

Bahkan, bagi AKBP Heri, jabatan hanya titipan sementara dari Tuhan Yang Maha Esa, sehingga harus siap mengikuti perintah pimpinan dan tidak perlu disombongkan.

“Beliau sama siapa saja wellcome karena beliau pernah berpesan jabatan itu hanya titipan, jadi bekerjalah sesuai arahan dari pimpinan,” lanjutnya.

Kompol Widodo mengatakan, bahwa AKBP Heri yang pernah bertugas di Sumatera Selatan sebelum ke Sumut (Polres Pematangsiantar dan Simalungun) itu tak lupa menceritakan kisahnya saat menjadi taruna di Akademi Kepolisian (Akpol).

Setelah lulus dan dilantik menjadi anggota kepolisian, AKBP Heri banyak berpindah tugas hingga menemukan tambatan hatinya, Ny. Catryn Ompusunggu yang kini di persuntingnya.

Pasca menikah, Heri pernah bolak balik menghadap Kapolda lantaran masalah rambut isterinya.

“Isteri saya Polwan, tidak boleh rambut panjang karena tugas dan mengurus dan menjadi ibu Bhayangkara dan mengurus anak kami menghadap Kapolda,” ungkap AKBP Heri di Hotel Niagara, Jumat (29/9/2019) lalu.

Terpisah, menurut pengamatan media ini, selama Pandemi COVID-19, AKBP Heribertus begitu konsen, peduli dan mau berbagi dengan warga yang membutuhkan dan terdampak Covid.

Pemimpin Redaksi Warta Rakyat, Prengki Simanjuntak mengatakan, selain memiliki jiwa sosial yang sangat tinggi, AKBP Heribertus juga cepat merespon keluhan warga.

Kemudian, lanjutnya, AKBP Heribertus juga tegas memerangi tindak pidana kejahatan di wilayah hukum Polres dan Polsek di Simalungun.

Bahkan ia begitu dekat dengan rekan-rekan jurnalis mitra Polres Simalungun, tokoh agama dan tokoh masyarakat.

“Semoga beliau (bapak Heribertus) tetap amanah dan selalu diberikan kesehatan,” ujar Pemred Warta Rakyat, Prengki Simanjuntak, S.IP.

Pewarta : Marolop
Editor     : Lestari


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.