Tahun 2020, Seluruh Warga Aceh Tenggara Akan Nikmati Jaringan Internet

174
Bupati Aceh Tenggara, Raidin Pinim (f:istimewa)

ACEH TENGGARA | Warta Rakyat Bupati Aceh Tenggara, Raidin Pinim, mengatakan paling lambat di tahun 2020, seluruh desa yang berada di Kecamatan Leuser, Aceh Tenggara, akan menikmati jaringan internet.

“Apabila dalam tahun 2020 ini, Telkomsel atau pihak Indosat tidak membangun Base Transmition Station, maka Pemkab akan mengupayakan pembangunan dari pihak lain,” ujar Raidin Pinem, Jumat (6/12/2019)

Ia menjelaskan, pemasangan BTS tersebut untuk mengatasi masalah keterisoliran dan kemiskinan informasi di wilayah Kecamatan Leuser.

Pasalnya, kecamatan yang berada di ujung selatan Aceh Tengara (Agara) yang berbatasan lengsung dengan Kabupaten Dairi dan Kabupaten Karo itu merupakan daerah yang tak terjangkau dan tak bisa menikmati jaringan internet.

Tanjungpinang

Kata Raidin, pihak Kementerian Komunikasi dan Informatika melalui Dirjennya, telah menyetujui untuk membangun BTS atau tower jaringan internet di Kecamatan Leuser, dengan catatan Pemkab Aceh Tenggara yang menyediakan tanahnya.

Semantara itu, Kadis Komunikasi dan Informatika Agara, Zul Fahmi, membenarkan pernyataan Bupati Raidin.

Bahkan selaku pimpinan Dinas Kominfo Aceh Tenggara, ia telah diperintahkan bupati untuk mengajukan proposal atau permohonan pembangunan Base Transmition Station (BTS) untuk Kecamatan Leuser, yang diperkirakan menelan biaya hampir mencapai Rp2 miliar.

Jika BTS di kecamatan paling ujung selatan telah didirikan, bukan hanya komunikasi di 23 desa saja yang lancar, namun aplikasi yang dibutuhkan pemerintahan kute dan Kantor Camat Leuser bisa terpenuhi dan dioperasikan sebagaimana mestinya.(**)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.