Disdik Asahan Gelar Festival Tari Gubang, Sofian Marpaung: Kedepan Akan Dibuat Rekor MURI

254
Foto Kadis Pendidikan Kab Asahan Drs. Sofian Marpaung, M.Pd didampingi oleh Kabid Kebudayaan, Rabu (20/11/2019). (Foto: Asmali Nasution/Wartarakyat)

ASAHAN | Warta Rakyat – Pemkab Asahan melalui Dinas Pendidikan gelar Festival Tari Gubang yang dilaksanakan di Aula Gedung Juang, Kisaran dimulai 19 November sampai dengan 21 Nopember.

Kegiatan ini diikuti oleh pelajar Sekolah Dasar dari 25 Kecamatan se-Kabupaten Asahan.

Kepala Dinas Pendidikan Kab. Asahan, Drs. Sofian M. Pd yang didampingi Kabid Kebudayaan, H Syamsuddin, M.Si mengatakan, bahwa Tari Gubang merupakan tarian tradisional masyarakat kabupaten asahan yang menjadi salah satu penerima sertifikat penetapan karya budaya, Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) 2017 dari kementerian Pendidikan Republik Indonesia yang diterima Wakil Gubernur Sumatera Utara.

Peserta Festival Tari Gubang yang diikuti dari 25 Kecamatan dilaksanakan di Aula Gedung Juang, Kisaran dimulai 19-21 Nopember 2019.

“Karena ini warisan leluhur dan Warisan Budaya Tak Benda milik Asahan kedepannya kita akan buat Rekor MURI dengan peserta lebih dari 20.000 penari dan melibat kan semua unsur,” ujar Sofian.

Sedangkan menurut Kabid Kebudayaan Dinas Pendidikan Asahan, H Syamsuddin, M.Si mengatakan kedepannya akan memasukkan tarian gubang kedalam kegiatan extrakurikuler.

Disamping itu, Syamsuddin mengucapkan syukur kepada Allah SWT, yang telah memberikan kepada kita semangat melestarikan kearifan lokal tari gubang.

” Saya mengucapkan terimakasih kepada pelatih tari gubang yang telah melatih tarian gubang kepada anak didiknya, kata Syamsuddin.

“Disamping trophy kita akan siapkan dana pembinaan buat para pemenang,” Ungkap nya.

Penulis : Asmali
Editor.   : Anton Arifuddin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.