AKD DPRD Humbahas Terbentuk, Partai PDIP Tak Punya Jatah

692
Tanjungpinang
Wakil Ketua DPRD Humbang Hasundutan, Marolop Manik (Foto: Istimewa)

HUMBAHAS | Warta Rakyat – Susunan Alat Kelengkapan Dewan (AKD) Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) telah terbentuk untuk Periode 2019-2021, Rabu (13/11) melalui rapat paripurna.

Dari 5 kursi Pimpinan AKD, partai gabungan, Golkar dan Nasdem menjabat ketua komisi. Sedangkan Partai PDI Perjuangan yang memiliki 7 kursi di DPRD malah kosong.

Wakil Ketua DPRD Humbang Hasundutan, Marolop Manik mengatakan, bahwa pihaknya telah menetapkan 5 kursi pimpinan alat kelengkapan dewan periode 2019-2021.

Kelimanya terdiri dari tiga komisi dan dua badan. Setiap komisi, sebutnya, diisi tiga kursi pimpinan, yakni ketua, wakil ketua dan sekretaris.

Tanjungpinang

“Sementara badan diisi ketua dan wakil ketua,” terang Marolop melalui telepon.

Dijelaskan Marolop, dari pembentukan alat kelengkapan dewan, partai Gabungan, Golkar dan Nasdem sebagai pimpinan.  Sementara, Partai PDI Perjuangan yang memiliki 7 kursi , kosong.

Dia menyebutkan, Ketua Komisi A, Bresman Sianturi dari Fraksi Gerindra Demokrat yang merupakan partai gabungan antara Partai Gerindra dan Demokrat. Sedangkan Wakil Ketua, Normauli Simarmata dari Fraksi NasDem dan Sekretaris Laston Sinaga dari Fraksi Golkar.

Kemudian, Ketua Komisi B, Marsono Simamora dari Fraksi Nasdem, Wakil Ketua Bantu Tambunan dari Fraksi Golkar, sedangkan Sekretaris, Poltak Purba dari Fraksi Persatuan Solidaritas yang merupakan partai gabungan, yakni Perindo dan PSI.

Ketua Komisi C, Manaek Hutasoit dari Fraksi Golkar, Wakil Ketua Moratua Gajah dari Fraksi Gerindra Demokrat (Gerindra dan Demokrat).

Sedangkan, dua badan, yakni Badan Kehormatan Dewan diketuai oleh Robertho Simanullang dari Fraksi Hanura, Wakil Ketua Bantu Tambunan dari Fraksi Golkar. Sedangkan, anggota Jimmy Togu Purba dari Fraksi Gerindra Demokrat.

Untuk Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda), diketuai oleh, Guntur Simamora dari Fraksi Persatuan Solidaritas, Wakil Ketua, Marolop Situmorang dari Fraksi Golkar.

Menurut Politisi Golkar ini, pemilihan alat kelengkapan dewan itu melalui voting secara tertutup dari fraksi.

“Jadi pengisian alat kelengkapan dewan ini merupakan atas lobi sesama fraksi,” katanya.

Mengapa Partai PDI Perjuangan tidak mendapatkan kursi di AKD, Marolop menjelaskan, bahwa itu merupakan voting.

“Masalah PDIP tidak memiliki, mungkin tidak ada lobi-lobi fraksi PDIP ke fraksi lainnya. Kemungkinan itu,” ujar dia.

Sementara, Ketua DPRD Humbang Hasundutan, Ramses Lumbangaol yang juga dari politisi Partai PDI Perjuangan enggan berkomentar.

“Saya lagi diluar, ya, coba tanya wakil ketua,” elak Ramses.

Penulis: Dedy Effendi
Editor.  : Frengki

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.