Tingkatkan Partisipasi Pemilih, KPU Kepri Launching Si Gonggong Demokrasi

119

Komisioner KPU Provinsi Kepri Bidang Data Priyo Handoko (foto berdiri)

TANJUNGPINANG | Warta Rakyat Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kepulauan Riau (Kepri) pekan depan akan melaunching Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020 di Batam, Jumat (8/11) mendatang.

Dalam kegiatan itu KPU juga melaunching maskot pilkada yang diberi nama Sigosi, sekaligus untuk meningkatkan partisipasi pemilih di kota Batam.

Komisioner KPU Provinsi Kepri Bidang Data Priyo Handoko mengatakan, Batam ditunjuk sebagai lokasi launching karena penduduk Batam lebih besar sementara tingkat partisipasi masyarakat masih sangat rendah secara nasional.

“Penduduk Kepri lebih banyak ada di Batam,” katanya, Jumat (1/11)

Lanjutnya, dengan melaksanakan launching di Batam, Pilkada Serentak bisa tersampaikan ke masyarakat Kepri.

Ia menambahkan, terpilihnya Batam sebagai lokasi launching karena Batam adalah kota partisipasi pemilih terendah secara nasional, yakni nomor dua setelah Kota Medan.

Setiap kali pemilu partisipasi pemilih tidak pernah tembus 50 persen, sehingga pihaknya melaunching di Kota Batam guna memaksimalkan sosialiasi agar mendongkrak partisipasi peserta pemilih nantinya.

“Launching nanti berketepatan juga pada saat itu KPU RI juga mengumpulkan KPU se-Indonesia di Batam,” sebutnya.

“Sekaligus meluncurkan maskot Pilkada Serentak 2020 yang diberi nama Maskot Sigosi dengan akronim Si Gonggong Demokrasi,” ujarnya.

Berdasarkan data yang dihimpun media ini, partisipasi politik (pemilih) masyarakat Kota Batam jauh lebih rendah dibandingkan kabupaten / kota yang ada di Kepri.

Pada Pilgub Kepri 2015 lalu partisipasi warga Kota Batam merupakan terendah di Kepri yakni mencapai 49,02 persen pemilih, sedangkan partisipasi tertinggi di Kabupaten Natuna mencapai 77,79 persen.

Sementara partisipasi se Kepri mencapai 55,29 persen, sehingga tidak sesuai espektasi KPU RI yang ditargetkan 77,5 persen secara nasional.

Penulis : Raymon
Editor.   : Frengki

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.