World Cleanup Day, Kapolres dan Ratusan Personel Polisi Bersihkan Tanjungpinang

326
Kapolres Tanjungpinang, AKBP Ucok Lasdin Silalahi (tengah) beserta personil Polres Tanjungpinang saat membersihakan sampah dibawah pelantar, Sabtu (21/9)

TANJUNGPINANG | Warta Rakyat – Peringatan World Cleanup Day (WCD) Kapolres dan ratusan personil Kepolisian Tanjungpinang ikut turun kelaut membersihkan sampah yang menumpuk di Pelantar, Sabtu (21/9)

Aksi Gotong Royong Terbesar di Dunia dari 157 Negara, 34 Provinsi dan 13 juta relawan ini diselenggarakan oleh Komunitas World Cleanup Day Kepri.

Kapolres Tanjungpinang, AKBP Ucok Lasdin Silalahi menyampaikan, bahwa Peringatan WCD 2019 ini merupakan momen untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat akan pentingnya kebersihan.

Sampah plastik sangat sulit terurai oleh alam dan menyebabkan rusaknya ekosistem serta pencemaran lingkungan apabila dibiarkan dan semakin lama semakin bertumpuk.

“Momen ini juga sebagai sarana pemersatu seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama melaksanakan gotong royong dan peduli akan kebersihan,” ujarnya.

Bukan hanya di daerah pesisir dibersihkan, Polres Tanjungpinang juga melakukan pembersihan di daratan dengan melibatkan personel pada pelaksanaan kegiatan ini dengan membagi ke dalam beberapa tim yang tersebar di Kota Tanjungpinang.

Diantaranya, lanjut Kapolres, Aksi gotong royong di Pulau Penyengat dipimpin Kapolsek Kawasan Pelabuhan SBP Kompol Zulkifli bersama Personel, Lurah, RT/RW, instansi terkait dan masyarakat Pulau Penyengat membersihkan Pelantar Pulau Penyengat hingga bawah Plantar dan di rumah-rumah warga.

Kegiatan juga dilaksanakan dengan membersihkan Makam para pahlawan di Pulau Penyengat.

Kemudian Pelantar I, Pelantar II, Pelantar III dan Pleantar KUD dipimpin Kapolsek Tanjungpinang Kota AKP Reza Anugrah bersama Personel dan seluruh yang terlibat dalam kegiatan puncak WCD Kepri melakukan pengumpulan sampah baik di atas Plantar maupun di bawah Pelantar.

Selanjutnya Kampung Bulang dipimpin Kapolsek Tanjungpinang Timur AKP Indra Jaya bersama Personel, Lurah, RT/RW, PKK dan warga serta berbagai Komunitas membersihkan jalan, memotong rumput dan mengumpulkan sampah di seputar Rawasari dan Kampung Bulang.

Selain itu, sambung Kapolres, Rimba Jaya dipimpin Kapolsek Tanjungpinang Barat Iptu Firuddin bersama Personel, Lurah, RT/RW, masyarakat serta berbagai Komunitas membersihkan dan mengumpulkan sampah di sepanjang tepian laut Rimba Jaya.

Sedangkan Taman Batu Bintan Center dipimpin Kapolsek Kawasan Bandara RHF Iptu Efendi bersama Personel, Lurah, RT/RW, PKK, masyarakat serta berbagai Komunitas membersihkan Taman Batu Bintan Center, memotong rerumputan liar dan mengumpulkan sampah.

Sementara Kampung Bugis diipimpin Kanit Turjawali Sat Samapta Iptu Maryono bersama Personel serta warga membersihkan dan mengumpulkan sampah di Kampung Bugis.

Dan Mako Polres Tanjungpinang dipimpin Kabag Sumda Kompol Jaswir bersama Personel dan PNS Polres Tanjungpinang membersihkan seluruh lingkungan Mako Polres Tanjungpinang baik halaman luat maupun halaman dalam serta merapikan tiap sudut ruangan.

Penulis : Raymon
Editor.   : Frengki

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.