Tol Cikampek Mulai Padati Arus Balik Lebaran

jasa Marga mencatat volume kendaraan yang melintas pada Senin (3/6/2019) atau H-2 Lebaran tercatat sebesar 67.572 unit melalui Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama. (Dok. Jasa Marga)

KARAWANG | Wartarakyat Gerbang Tol Cikampek Utama di ruas jalan Tol Jakarta-Cikampek, Jumat (7/6/2019), di KM 70 mulai di padati kendaraan arus balik Lebaran 2019.

Korlantas Polri mulai memberlakukan rekayasa lalu lintas satu arah (one way) dan lawan arah (contra flow) pada sejak pukul 14.00 WIB untuk mengurai kepadatan di Tol Cikampek

“Penentuan ‘one way’ antara jam 12 siang hingga 12 malam. Pemberlakuan ini disesuaikan dengan situasi,” kata Kabag Ops Korlantas Polri Kombes Benyamin, seperti dikutip Antara.

Pemberlakuan “one way” dan “contra flow” itu hanya di KM 70 hingga KM 65 Tol Cikampek.

Untuk memperlancar arus lalu lintas agar tidak menimbulkan kemacetan, Benyamin juga mengimbau pemudik tidak berhenti di bahu jalan dan tempat istirahat Tol Cikampek.

Pasalnya Ia melihat penumpukan kendaraan di tempat istirahat menjadi salah satu penyebab kemacetan saat arus mudik Lebaran 2019. “Jika ingin istirahat, istirahatlah di ‘rest area’ di Tol Cipali, Cipularang, atau ‘rest area’ yang berada di sebelum KM 70,” ujarnya.

Untuk mendukung kelancaran lalu lintas dan mencegah adanya penumpukan kendaraan, PT Jasamarga telah menyiapkan 25 gardu loket dengan empat gardu loket tambahan. Beberapa petugas pengatur lalu lintas juga terpantau sedang bersiaga.

Hingga sekitar pukul 18.00 WIB, berdasarkan catatan PT Jasamarga, volume kendaraan 38.259 unit yang masuk ke arah Jakarta. Puncak arus balik Lebaran diperkirakan terjadi pada Minggu (9/6). Karena itu, Kementerian Perhubungan dan pihak PT Jasamarga mengimbau masyarakat untuk balik pada 10-12 Juni 2019.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.