Tiga Siswa Maitreyawira Juarai Cerdas Cermat Tingkat SMA Se-Kepri

TANJUNGPINANG | Wartarakyat.co.id.-SMA Maitreyawira Tanjungpinang menjuarai Lomba Cerdas Cermat Matematika (LCCM) tingkat SMA/MA se- Provinsi Kepulauan Riau yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Matematika (HIMATIKA) FKIP UMRAH Tanjungpinang di Aula Bulang Linggi, Badan Perpustakaan Dan Arsip Tanjungpinang, Sabtu, (02/03/2019).

Dalam ajang ini, tim SMA Maitreyawira Tanjungpinang diwakili oleh tiga siswa yaitu Dody Harianto, siswa kelas XI, Carlios dan Charles, siswa kelas X.

Trio “DCC” (Dody, Carlios, Charles) itu berhasil mengungguli peserta lainnya dengan raihan nilai tertinggi setelah melewati babak penyisihan, semifinal hingga juara di final.

Lomba cerdas cermat ini diawali dengan pengundian nama-nama sekolah untuk menentukan sekolah-sekolah mana yang akan bertemu di babak penyisihan. Babak penyisihan ini terdiri dari lima sesi. Masing-masing sesi terdiri dari dua tim sekolah.

Soal di lomba cerdas cermat matematika ini terdiri dari 5 soal wajib dan soal rebutan, 8 soal di babak penyisihan dan 10 soal untuk babak semi final dan final.

Di babak penyisihan 1, SMAN Lingga berhadapan SMAN 4 Tanjungpinang, di babak penyisihan 2, SMAN 6 Tanjungpinang melawan SMA YKPP Tanjung Uban, di babak penyisihan 3, SMAN 2 Tanjungpinang tim B melawan tim A, di babak penyisihan 4, SMAN 1 Tanjungpinang berhadapan dengan SMA Maitreyawira, di babak penyisihan 5, SMAN 1 Bintan Utara melawan SMA Pelita Nusantara Tanjungpinang.

Dari masing-masing babak penyisihan ada satu sekolah yang maju ke babak semifinal, ditambah satu sekolah dengan skor tertinggi di urutan keenam.

Sekolah yang lolos ke semifinal pertama yaitu SMA Maitreyawira Tanjungpinang, SMAN 2 Tanjungpinang tim A,dan SMAN 1 Tanjungpinang. Sementara untuk semifinal kedua pesertanya yaitu SMA YKPP Tanjung Uban, SMAN 4Tanjungpinang dan SMAN 1 Bintan Utara.

Dua tim terbaik dari masing-masing babak semifinal kemudian masuk ke babak final. Tim yang masuk ke babak final yaitu SMA Maitreyawira Tanjungpinang, SMAN 2 Tanjungpinang tim A, SMAN 4 Tanjungpinang dan SMAN 1 Bintan Utara. Di babak ini langsung memperebutkan posisi juara pertama, kedua dan ketiga. Sekolah dengan skor tertinggi akan menjadi juara pertama.

Di babak final, SMA Maitreyawira Tanjungpinang berhasil mendapatkan skor tertinggi yaitu 940, disusul kemudian oleh SMAN 2 Tanjungpinang tim A dengan 370 poin, SMAN 1 Bintan Utara dengan 270 poin dan SMAN 4 Tanjungpinang dengan 100 poin. SMA Maitreyawira Tanjungpinang pun keluar sebagai juara pertama.

“Sebenarnya kami tidak ada target apa-apa di kejuaraan ini. Tapi mengetahui lawan kami pada babak pertama adalah SMA terbaik di kota kami, kami pun merasa akan spesial jika kami benar-benar mengalahkan mereka. Awalnya saya pribadi hanya menargetkan untuk lolos semifinal, karena di awal babak Smansa berhasil menjawab 4 soal dan kami belum menjawab. Untung kami percaya pada diri sendiri sehingga bisa melalui babak demi babak dan menjadi juara,” ucap Dody Harianto sebagai salah satu peserta dari SMA Maitreyawira Tanjungpinang.

Menurut Dody, mereka belajar setiap hari sebagai persiapan dalam menghadapi ajang bergengsi ini.

“Kami belajar setiap hari sebagai persiapan. Ketika waktu tanding sudah dekat, kami belajar hitung cepat. Dan ketika menjawab soal wajib, kami diskusikan dulu, dan kalau jawaban sudah sama,barulah kami menjawab. Untuk soal rebutan, kami sekali yakin langsung menjawab,” ucap Dody penuh semangat.

Sementara itu, Kepala sekolah SMA Maitreyawira Tanjungpinang, Hady Siswanto, S. Pd.Mat mengungkapkan kebahagiaannya atas keberhasilan para anak didiknya ini.

“Prestasi yang telah dicapai ini sangat membanggakan dan diharapkan dapat memotivasi siswa lainnya agar dapat menjadi siswa yang lebih kompetitif. Selamat untuk siswa kami, Dody Harianto, Carlios dan Charles,” ujarnya.

Dewan juri untuk lomba cerdas cermat ini sendiri adalah tiga orang dosen program studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Maritim Raja Ali Haji. Ketiga dewan juri tersebut yaitu Dr. Nur Izzati, S. Pd.,M. Si, Mirta Fera, M.Sc. , dan Okta Alpindo, M.Pd.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.