HUT ke 73, TNI Mempertontonkan Pertunjukan Alutsista

Tanjungpinang | Wartarakyat.co.id – Pangkalan Udara Angkatan Laut (Lanudal) Tanjungpinang dibanjiri ratusan masyarakat yang menyakasikan Pameran Alat Utama Sistem Persenjataan (Alutsista). Bunyi sirene yang panjang di pangkalan udara tersebut menandakan Pameran Alutsista resmi dibuka Gubernur Kepri Nurdin Basirun, Jumat (5/10/2018).

Berbagai perlengkapan perang di gelar dalam pameran tersebut mulai dari pesawat udara, helikopter, meriam dan miniatur KRI dan KAL, senjata laras panjang dan pendek, pelontar mortil, kendaraan taktis sampai kepada pakain seragam yang digunakan prajurit TNI.

Komandan Pangkalan Utama Angkatan Laut (Danlantamal)  IV Tanjungpinang Laksamana Pertama TNI R. Eko Suyatno, S.E., M.M., dalam kesempatan tersebut mengatakan  pameran Alutsista hari ini sengaja di buka selesai perayaan parade dan defile HUT Ke 73 TNI.  Ini bagian dari rangkaian rencana garis besar perayaan HUT TNI tahun 2018 di Kepri dan di Indonesia.

Menurutnya Pemeran Alutsista ini akan digelar selama 3 hari. Alutsista yang dipamerkan berasal dari uang rakyat yang dibelanjakan  oleh negara untuk membeli Alutsita,  jadi ini milik masyarakat dan TNI hanya sebagai pengawak serta pengawas saja jadi silahkan lihat dan datang supaya anak-anak bangsa dapat mengetahuinya, ujar Eko.

” Disini digelar berbagai macam Alutsista, ada kapal perang,  helikopter dan pesawat udara serta Alutsista lainnya fungsinya apa, untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat tentang Alutsista yang dimiliki TNI khususnya di Wilayah Kepri,  “katanya.

TNI  bersama rakyat kuat dan tak terkalahkan,  serta  profesionalisme untuk rakyat. TNI berlatih dan  terus berlatih menjadi profesional,  dengan tujuan  untuk melindungi rakyat termasuk dalam menghadapi musibah bencana alam seperti yang terjadi di Palu dan Donggala.

Eko menyebutkan  pihaknya bersama pemerintah telah menyediakan transportasi bus yang di sebar di beberapa titik bagi masyarakat yang akan  menyaksikan pameran ini. Selain pameran Alutsita pihaknya juga menyelenggarakan festival band untuk anak-anak  pelajar SMA di Tanjungpinang.

” Kami wadahi dengan festival band supaya mereka tidak liar dan tidak terprovokasi  dengan kegiatan lain dan kita salurkan disini,” katanya.

Dalam  rangkaian kegiatan HUT Ke 73 TNI tidak hanya kegiatan pameran ini saja tetapi masih terdapat beberpa kegiatan lain diantaranya fun run dan fun bike yang akan dilaksanakan pada tanggal 7 dan 14 Oktober yang akan datang.***

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.