Sempena Hari Jadi Provinsi Kepri, Pemkab Bintan Gelar Upacara Peringatan Bersama ASN dan Non ASN

Pemkab Bintan gelar upacara peringatan Hari Jadi Provinsi Kepri, di Bintan Buyu, Selasa (24/9/2024)

BINTAN |WARTA RAKYAT – Pemerintah Kabupaten Bintan melaksanakan Upacara Peringatan Hari Jadi Provinsi Kepulauan Riau ke 22 tahun 2024 bersama seluruh ASN dan Non ASN serta FKPD di Lingkup Pemerintahan Kabupaten Bintan, yang dilaksanakan di halaman Kantor Bupati Bintan, Selasa pagi (24/9). Sekretaris Daerah Kabupaten Bintan Ronny Kartika bertindak sebagai Pembina Upacara.

Sejak dibentuk melalui Undang–Undang Nomor 25 Tahun 2002 yang ditetapkan pada tanggal 24 September 2002, Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau terdiri dari 7 Kabupaten/Kota yaitu Kabupaten Bintan, Kabupaten Karimun, Kabupaten Lingga, Kabupaten Kepulauan Anambas, Kabupaten Natuna, Kota Tanjungpinang dan Kota Batam.

Kepri terdiri dari 2.408 pulau dan memiliki lokasi yang strategis, menjadikan Provinsi Kepri sebagai salah satu beranda NKRI. Oleh karena itu, dalam menghadapi berbagai ancaman global yang hadir, Provinsi Kepri senantiasa berhasil menjawab berbagai tantangan dari waktu ke waktu.

“Tentu saja semangat tersebut tidak terlepas dari motto Provinsi Kepulauan Riau yaitu Berpancang Amanah, Bersauh Marwah, serta menggenggam erat warisan budaya Gurindam 12 sebagai panduan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Momentum Hari Jadi harus menjadi tonggak keberlanjutan dalam mempercepat langkah pembangunan dan menjaga kebersamaan di tengah perbedaan,” jelas Ronny dalam amanatnya.

Dengan mengusung tema “Kepri Hebat, Terus Melaju” menjadi cerminan semangat seluruh masyarakat untuk terus maju menghadapi berbagai tantangan dan memperjuangkan cita-cita luhur untuk mewujudkan Kepulauan Riau yang makmur, berdaya saing dan berbudaya. Provinsi Kepri dikatakan terus bertransformasi dan berkembang dengan pesat.

Melalui kerjasama yang solid antara Pemerintah Daerah, Lembaga Vertikal, dan seluruh komponen masyarakat, berbagai program strategis telah berhasil dilaksanakan. Dari program berbasis kerakyatan hingga pemenuhan infrastruktur yang merata di 7 Kabupaten/Kota. Capaian ini adalah bukti nyata keberlanjutan sebagai tongkat estafet dari para pejuang Kepulauan Riau yang telah mewarisi Negeri Segantang Lada.

Sekda Bintan melanjutkan, laju pertumbuhan ekonomi Kepri sebesar 5,20 persen pada tahun 2023 serta
penurunan angka kemiskinan ekstrem menjadi 0,35 persen menunjukkan keberhasilan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Sedangkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kepulauan Riau juga mengalami peningkatan, dari 78,48 poin pada tahun 2022 menjadi 79,08 poin pada tahun 2023. Capaian tersebut menempatkan Kepulauan Riau sebagai provinsi dengan IPM tertinggi di Sumatera dan ketiga secara nasional.

Dalam kesempatan tersebut pula, Ronny menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang turut andil dalam pencapaian pembangunan berkelanjutan di Provinsi Kepulauan Riau khususnya di Bintan, termasuk kepada seluruh pihak yang turut memeriahkan dalam setiap rangkaian Hari Jadi tersebut. Semua rintangan tidak akan menurunkan semangat untuk tetap bergandengan tangan dalam mewujudkan Kepri hebat dan terus melaju.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.