Pemko Launching Intervensi Serentak Pencegahan Stunting

TANJUNGPINANG | WARTA RAKYAT – Pemko Tanjungpinang melalui Kadis Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana melaunching intervensi serentak pencegahan stunting di Kota Tanjungpinang.

Peluncuran intervensi serentak ini bertujuan untuk percepatan penurunan stunting yang saat ini masih ada di Tanjungpinang.

Bacaan Lainnya

Kadinkes Dalduk KB Kota Tanjungpinang, Rustam, menjelaskan launching intervensi serentak pencegahan stunting itu dilaksanakan di Posyandu Merak, Jalan Pompa Air, Kelurahan Tanjungpinang Timur dan selanjutnya akan dilaksanakan di 144 posyandu yang ada di Kota Tanjungpinang.

“Intervensi serentak ini direncanakan akan dilaksanakan sebulan penuh dari tanggal 1 hingga 30 Juni 2024,” kata Rustam, Sabtu (1/5).

Dijelaskan Rustam sasaran yang ingin dicapai dari kegiatan itu adalah terlaksananya pendataan, penimbangan, pengukuran, identifikasi masalah gizi pada seluruh calon pengantin, ibu hamil dan balita se-Kota Tanjungpinang serta intervensi gizi dan kesehatan pada sasaran yang bermasalah.

“Dengan penjangkauan pada 100 persen sasaran ini diharapkan masalah gizi dapat segera diidentifikasi dan diintervensi segera sehingga kasus stunting dapat diturunkan secara bermakna,” harap Rustam.

Sementara, Ketua TP-PKK Kota Tanjungpinang, Efa Sri Nur Latifa Kifayana, menambahkan berdasarkan hasil Survei Kesehatan Indonesia (SKI) angka stunting Kota Tanjungpinang masih berada di angka 15,2 persen dan ditargetkan segera dapat diturunkan di bawah 14 persen pada tahun ini juga.

“Untuk mencapai target tersebut dibutuhkan dukungan dari semua pihak, tidak hanya pemerintah dan stakeholder terkait, melainkan dari masyarakat juga harus andil, seperti rutin memeriksakan kehamilan ke posyandu,” tambahnya.

Pada momen tersebut Ketua TP PKK juga berkesempatan menyerahkan bahan PMT (Pemberian Makanan Tambahan) kepada beberapa ibu hamil dan ibu balita.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.