DP3 Tanjungpinang Akan Periksa Hewan Kurban

DP3
Ilustrasi. Pemeriksaan hewan kurban jelang Hari Raya Idul Adha 1446 Hijriah

TANJUNGPINANG | WARTA RAKYAT – Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan (DP3) Tanjungpinang akan memeriksa hewan kurban yang ada di daerah setempat menjelang Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah.

Kepala DP3 Tanjungpinang Robert Lukman mengatakan, ada sekitar 1.000 hewan kurban, baik sapi dan kambing yang dilakukan pemeriksaan.

Bacaan Lainnya

“Kegiatan ini akan kita mulai lakukan pada akhir Mei 2024 ini, untuk peralatan seperti label Sehat dan Layak (SL) sudah kita siapkan,” ujarnya belum lama ini.

Menurutnya, dalam pemeriksaan nanti, petugas lapangan akan dibagi beberapa wilayah kerja, untuk memeriksa hewan kurban yang ada di peternak yang berada di empat kecamatan.

“Nanti tim akan melakukan pemeriksaan klinis, jika nanti dinyatakan sehat dan layak oleh petugas veteriner baru diberikan label SL,” terangnya.

Ia pun mengimbau kepada masyarakat Tanjungpinang, agar membeli hewan kurban yang sudah diberikan label oleh DP3 Kota Tanjungpinang.

“Karena dengan adanya label itu, maka kesehatan hewan kurban tersebut sudah diperiksa dan layak dikurbankan,” terangnya.

Robert menambahkan, beberapa bulan lalu, DP3 Kota Tanjungpinang juga sudah melakukan pemeriksaan sapi dan kambing yang masuk ke Tanjungpinang.

“Pemeriksaan itu untuk mengecek kesehatan sekaligus dokumen administrasi hasil pemeriksaan Kantor Karantina Hewan,” imbuhnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.