Katalisator Digitalisasi Terminal Penumpang Pelabuhan Sri Bintan Pura, E-ticketing MKP Siap Kolaborasi dan Aplikasikan

Tim Operator Ferry Pelabuhan Sri Bintan Pura Bersama Management Pelindo Tanjungpinang Pinang dan Management PT MKP Aplikator Eticketing

TANJUNGPINANG | WARTA RAKYAT – Perusahaan Pelayaran Tanjungpinang kompak menggandeng MKP E-Ticketing untuk digitalisasi penjualan tiket kapal penumpang di Kawasan Pelabuhan Sri Bintan Pura.

Didukung penuh PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 1 Cabang Tanjungpinang bersama Stakeholder Kemaritiman di Kawasan Pelabuhan, serta Pemerintah Kota Tanjungpinang, berkomitmen penuh untuk memberikan pelayanan yang terbaik dari waktu ke waktu terhadap pengguna jasa Penumpang Kapal Domestik.

Bacaan Lainnya

Darwis GM PELINDO Cabang Tanjungpinang melalui Manager Operasi RJ. Nasution menyampaikan proses administrasi pelayanan jasa kepelabuhanan yang ada di PELINDO khususnya cabang Tanjungpinang sudah digital dan non tunai.

“Seirama dengan kehadiran MKP, sebagai aplikator E-ticketing bersama operator pelayaran/kapal tentang penerapan E-ticketing ferry bagi Penumpang di Pelabuhan Sri Bintan Pura, apalagi beberapa waktu kedepan sudah memasuki Bulan Ramadhan dan setelah itu Lebaran Idul Fitri, kita selalu bersama-sama bersinergi untuk mengantisipasi dan memberikan pelayanan yang Excellent di hari-hari besar supaya lancar dan aman,” tambahnya.

PT Mitra Kasih Perkasa (MKP) menjadi fasilitator sekaligus aplikator Indonesia yang pertama dan satu-satunya mendigitalkan e-ticketing di Pelabuhan Sri Bintan Pura.

“Inisiasi e-ticketing ferry penumpang oleh Pelindo, MKP, Operator Pelayaran di Pelabuhan Sri Bintan Pura, dan Pemerintah Kota Tanjung Pinang di Pelabuhan Sri Bintan Pura Tanjung Pinang,” imbuh Nicholas Anggada, CEO & Co-Founder MKP.

PT Mitra Kasih Perkasa (MKP) menjadi fasilitator sekaligus aplikator Indonesia yang pertama dan satu-satunya mendigitalkan e-ticketing di Pelabuhan Sri Bintan Pura. Serta MKP sudah memenuhi standar sesuai dengan SE DJPL no-33.

“Sebagai Aplikator/fasilitator sistem e-ticketing Pelabuhan memberi kemudahan & menyediakan monitoring jadwal boarding sekaligus informasi keberangkatan kapal di Kepulauan Riau secara real time. -ticketing sudah terbukti menjadi solusi untuk memantau Traffic, Transaksi, dan Transparansi. Ekosistem pembelian tiket secara on site dan online, memberi akses pembelian tiket yang mudah, cepat, One Man One Ticket One Seat. dan aman. Selain itu, calon Penumpang dapat menentukan jadwal keberangkatan yang dikehendaki dengan melihat ketersediaan kapal dan kursi melalui layanan online tiketkapal.com,” tambah Nicholas.

Irawan Wu, Co-CEO & Co-Founder MKP menegaskan pembelian tiket kapal bisa dilakukan secara online maupun on site. Secara online melalui tiketkapal.com dan secara onsite menggunakan self kios ataupun langsung melalui agen kapal.

“Keduanya telah terkoneksi dengan sistem pembayaran non tunai, yaitu melalui QRIS atau Debit. Kami memastikan terjadi manifest data di seluruh metode pembelian tiket kapal untuk memastikan jumlah penumpang sesuai dengan kapasitas kapal dan pencatatan data penerima asuransi,” ungkapnya.

Karim yang mewakili Operator Pelayaran/Kapal yang beroperasi di Pelabuhan Sri Bintan Pura dan juga Sekretaris INSA Tanjungpinang menuturkan respon positif Agen Pelayaran Pelbuhan Sri Bintan Pura terhadap e-ticketing.

“Kami sudah melaksanakan Perjanjian Kerjasama bersama MKP terkait Penerapan E-Ticketing ini. Melihat keseriusan dalam pembenahan persiapan Fasilitator Pelabuhan Sri Bintan Pura yaitu PELINDO Tanjungpinang dalam Support penerapan E-ticketing ini,” pungkasnya.

Dalam kesempatan yang sama, R. Fulltimer H Public Relations Corporation Comunication Pelindo Cab Tanjungpinang menambahkan, ini selaras dengan misi Pelindo.

“Mewujudkan jaringan ekosistem maritim Nasional melalui peningkatan konektivitas Jaringan dan Integrasi Pelayanan Guna Mendukung Pertumbuhan Ekonomi Indonesia, yang tentunya dilandasi dengan core value AKHLAK, yang harus dilakukan seluruh MKP bersama Operator Pelayaran, mesti berkesinambungan Melakukan Edukasi dan Sosialisasi terhadap Masyarakat terkait penerapan E-ticketing Ini, Kita PELINDO pasti Full support,” tutupnya.

Senada dengan KSOP Kelas II Tanjungpinang selaku Regulator Pelabuhan Sri Bintan Pura melalui Kasi Lalu Lintas Angkutan Laut KSOP Kelas II Tanjungpinang Imran mengatakan, penerapan e-ticketing untuk antisipasi keramaian arus mudik Idul Fitri 2024.

Langkah perbaikan harus intensif dimonitor dan dilakukan selama penerapan berlangsung di SBP. Secara onsite dengan self kios maupun agen, dan secara online melalui tiketkapal.com , harus dipastikan penumpang merasa aman dan nyaman.

Verifikasi penerapan E-Ticketing dengan Boarding Management System MKP berhasil dilaksanakan tentang Penerapan Pelayanan Tiket Secara Elektronik, sesuai Surat Edaran Nomor SE-DJPL 3 Tahun 2023 Oleh Kantor Syahbandar Dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Tanjungpinang.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.