Takluk Lawan Jepang, Indonesia Masih Berpeluang Lolos Babak 16 Besar, Ini Tiga Syaratnya

Takluk
Timnas Indonesia takluk 1-3 lawan Jepang dalam laga pamungkas Grup D Piala Asia 2023 [Foto: Dok PSSI]

OLAHRAGA | WARTA RAKYAT – Timnas Indonesia harus takluk dalam laga pamungkas Grup D Piala Asia 2023. Berlangsung di Stadion Al Thumama, Rabu (24/1/2024) malam, Tim Garuda kalah dengan skor 1-3 dari Tim Samurai Biru.

Diatas kertas Jepang lebih diunggulkan untuk memenangkan laga ini. Dilihat dari ranking FIFA antara Indonesia dan Jepang ibarat bumi dan langit.

Bacaan Lainnya

Jepang menjadi negara Asia terbaik di rangking FIFA dengan menempati urutan 17 dunia. Sementara Timnas Indonesia berada di urutan 146 dunia.

Dalam laga pamungkas ini, gawang Ernando Ari sudah kebobolan saat pertandingan baru berjalan 6 menit melalui titik putih.

Jepang diberi hadiah penalti setelah Jordi Amat menahan laju Ueda di kotak terlarang.

Wasit Khamis Mohamed Al-Marri tidak langsung menunjuk titik putih. Dia lebih dulu berdiskusi dengan wasit VAR dan melihat monitor VAR sebelum mengambil keputusan.

Ayase Ueda ditunjuk sebagai algojo sukses menjalankan tugasnya. Ueda melepaskan tembakan keras yang tak bisa dibendung oleh Ernando Ari.

Walaupun Ernando sudah bergerak ke arah yang tepat, laju bola yang kencang membuat Ernando tidak bisa menangkap bola.

Timnas Indonesia kembali kebobolan di awal babak kedua. Ueda sukses membobol gawang Timnas Indonesia kedua kalinya pada menit ke-52.

Pada menit ke-88 Indonesia kembali kebobolan dari gol bunuh diri Justin Hubner. Upaya Hubner memotong bola tendangan Ueda malah mengirim bola masuk ke dalam gawang.

Gol yang ditunggu Timnas Indonesia akhirnya hadir di masa injury time. Sandy Walsh berhasil mencetak gol dalam sebuah skema yang diawali lemparan panjang Pratama Arhan.

Namun di sisa waktu yang ada, Timnas Indonesia tidak bisa menambah gol, Timnas Indonesia kalah 1-3 dari Jepang.

Syarat Indonesia Lolos 16 Besar

Kendati kalah lawan Jepang, Indonesia masih berpeluang untuk lolos ke babak 16 besar piala Asia 2023 melalui peringkat 3 terbaik.

Skuad arahan Shin Tae Yong harus menunggu hasil laga grup E dan F untuk menentukan nasib di Piala Asia 2023.

Skuad Garuda saat ini menempati peringkat ketiga di klasemen Grup D Piala Asia 2023 dengan mengoleksi tiga poin.

Indonesia memiliki catatan tiga kali mencetak gol berbanding enam kebobolan.

Dalam klasemen peringkat ketiga terbaik, Indonesia menempati peringkat keempat. Artinya Indonesia masih punya peluang ke babak 16 besar.

Dalam Piala Asia kali ini, selain juara dan runner up grup, empat negara penghuni empat besar peringkat ketiga terbaik berhak melangkah dari fase grup.

Terdapat tiga syarat yang bisa membuat Tim Merah Putih melaju ke 16 besar Piala Asia.

Yang pertama adalah kemenangan telak Yordania atas Bahrain. Seandainya Yordania bisa menang dengan jarak lebih dari dua gol.

Maka Indonesia dipastikan melangkah ke babak 16 besar karena selisih gol Ernando Ari dan kawan-kawan lebih baik ketimbang skuad Asia Barat tersebut.

Sementara cara yang kedua adalah hasil imbang dalam laga Oman vs Kirgistan. Seandainya skor sama kuat, maka Oman kalah poin dalam persaingan dengan Indonesia di klasemen peringkat tiga terbaik.

Yang terakhir adalah kemenangan Kirgistan atas Oman, namun dengan skor 1-0 atau 2-1.

Dengan demikian Indonesia akan bersaing dengan Kirgistan pada klasemen peringkat tiga terbaik dan Indonesia unggul produktivitas gol atas Kirgistan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.