Peringatan Dini Banjir Rob di Wilayah Kepri, Cek Daerah Mana Saja Terdampak?

Wilayah
Ilustrasi. Peringatan dini banjir rob di wilayah Provinsi Kepulauan Riau

BATAM | WARTA RAKYAT – Peringatan dini waspada banjir pesisir atau rob dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisikia (BMKG) untuk wilayah persisir Provinsi Kepulauan Riau.

Kepala Stasiun Meteorologi Hang Nadim Batam Ramlan mengatakan, banjir rob tersebut dikarenakan adanya fenomena fase bulan baru (new moon) pada 11 Januari 2024.

Bacaan Lainnya

Serta curah hujan yang tinggi berpotensi meningkatkan ketinggian pasang air laut maksimum dan dapat menimbulkan banjir pesisir (rob).

“Masyarakat pesisir pantai diimbau waspada adanya fenomena banjir rob yang diprediksikan berpotensi terjadi pada tanggal 12-16 Januari 2024,” kata Ramlan.

Adapun wilayah di Kota Batam yang perlu diwaspadai adanya fenomena banjir rob yaitu Pesisir Kecamatan Batu Aji, Batu Ampar, Sekupang, Nongsa, dan sekitarnya.

Selain Kota Batam, tiga kabupaten lainnya di Kepri yang berpotensi banjir rob, yakni Kabupaten Karimun, Kabupaten Lingga, dan Kabupaten Bintan.

“Di Kabupaten Bintan yaitu Pesisir Kecamatan Bintan Utara, Teluk Sebong, Bintan Timur, dan sekitarnya,” ucapnya.

Sedangkan di Kabupaten Karimun yaitu Pesisir Kecamatan Kundur Barat, Karimun, Meral, dan sekitarnya.

Kabupaten Lingga yaitu Pesisir Kecamatan Singkep Barat, Singkep Pesisir, dan Senayang.

Dengan begitu, ia menyebutkan hal ini dapat berdampak pada terganggunya transportasi di sekitar pelabuhan dan pesisir, aktivitas masyarakat, serta kegiatan bongkar muat di pelabuhan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.