Peringatan Hari Guru Nasional 2023: Sejarah, Makna dan Tema

Peringatan
Ilustrasi. Peringatan Hari Guru Nasional 2023: Sejarah, Makna dan Tema [Foto: Detikcom]

TANJUNGPINANG | WARTA RAKYAT Peringatan Hari Guru Nasional di Indonesia, diperingati setiap 25 November. Hari Guru Nasional menjadi momen yang tepat untuk mengenang dan menghargai peran guru sebagai pilar utama dalam membentuk maupun mendidik generasi penerus bangsa.

Peringatan ini sering diisi dengan berbagai kegiatan, seperti upacara di sekolah-sekolah, penghargaan kepada guru-guru berprestasi, serta refleksi bersama mengenai tantangan dan perkembangan pendidikan di Indonesia.

Melalui perayaan Hari Guru Nasional, masyarakat diharapkan dapat lebih menghargai dan mendukung upaya para guru dalam mencetak generasi yang berkualitas, cerdas, dan bertanggung jawab.

Seiring berjalannya waktu, Hari Guru Nasional tidak hanya menjadi wadah penghormatan kepada para pendidik, tetapi juga sebagai momentum untuk merenung dan berkomitmen bersama dalam meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia.

Sejarah Hari Guru Nasional

Menilik sejarahnya, peringatan Hari Guru Nasional bertepatan dengan berdirinya Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI).

Organisasi ini resmi berdiri pada 25 November 1945 sebagai hasil keputusan dalam Kongres Guru Indonesia yang dilaksanakan pada 24 s.d. 25 November 1945.

Sebelumnya, Indonesia sudah memiliki organisasi guru bahkan saat penjajahan Belanda. Organisasi ini bernama Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB).

Mengingat adanya perbedaan seperti pangkat, status sosial, dan latar pendidikan, organisasi guru lainnya pun dibentuk. Persatuan Guru Bantu (PGB) dan Perserikatan Guru Desa (PGD) adalah contohnya.

Namun, saat Jepang mulai menduduki kekuasaan di Indonesia, seluruh organisasi pendidikan dibekukan tanpa terkecuali.

Setelah melalui masa kelam pendidikan pada penjajahan Jepang, organisasi guru Indonesia pun kembali bangkit dengan nama baru, yaitu Persatuan Guru Republik Indonesia yang menaungi semua guru tanpa memandang perbedaan.

Bertepatan dengan hari lahir PGRI itu, Hari Guru Nasional pun selalu diperingati dan dirayakan setiap tahunnya. Berbagai kegiatan seperti upacara dan kegiatan kreatifitas di lingkungan sekolah adalah agenda wajib.

Kegiatan tersebut diharapkan dapat mendorong semangat dan apresiasi untuk guru yang senantiasa membantu anak-anak Indonesia dalam menemukan potensi diri dan meraih cita-cita.

Tema Hari Guru Nasional 2023

Sebagai bentuk perayaan dan apresiasi, peringatan Hari Guru Nasional memiliki tema yang berbeda setiap tahunnya. Tahun 2023 ini, tema yang diangkat adalah “Bergerak Bersama Merdeka Belajar”.

Selain di instansi pendidikan, masyarakat Indonesia juga bisa merayakan Hari Guru Nasional di media sosial.

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Makarim menyampaikan dalam Pedoman Peringatan Hari Guru Nasional 2023 untuk turut meramaikan perayaan ini di media sosial.

Pada salah satu poin, masyarakat diajak untuk mengunggah konten perayaan dan momen Hari Guru Nasional dengan menyertakan tagar #HGN2023 dan #terimakasihguruku.

Makna Hari Guru Nasional

Hari Guru Nasional bukan hanya sekadar perayaan seremonial. Lebih dari itu, ini adalah momen refleksi untuk memahami betapa pentingnya peran guru dalam mengarahkan generasi muda menuju masa depan yang lebih baik.

Guru tidak hanya mengajarkan pengetahuan, tetapi juga membentuk karakter, moralitas, dan sikap positif siswa.

Peringatan ini juga mengajak semua pihak, baik pemerintah, masyarakat, maupun siswa, untuk memberikan apresiasi dan dukungan terhadap dunia pendidikan.

Memberdayakan guru dengan memberikan fasilitas dan pelatihan yang memadai merupakan investasi dalam pembangunan sumber daya manusia yang berkualitas.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.