Terima Penghargaan Manggala Karya Kencana dari BKKBN, Rahma: Ini Komitmen Tangani Stunting

Penghargaan
Wali Kota Tanjungpinang Rahma menerima penghargaan Manggala Karya Kencana dari Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN)

TANJUNGPINANG | WARTA RAKYAT – Wali Kota Tanjungpinang Rahma menerima penghargaan Manggala Karya Kencana dari Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN). Penghargaan itu diberikan atas komitmen Wali Kota Rahma dalam pengendalian penduduk dan penurunan angka stunting.

Penghargaan diserahkan kepada Wali Kota Rahma disejalankan dengan kegiatan Rekonsiliasi Stunting dan Rembug Stunting tingkat Provinsi Kepri Tahun 2023 di CK Hotel Tanjungpinang, Kamis (7/9/2023).

Bacaan Lainnya

Wali Kota Rahma mengucapkan terima kasih kepada BKKBN Pusat khususnya kepada Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Kepulauan Riau yang telah memberikan penghargaan tertinggi berupa Lencana Manggala Karya Kencana.

Menurutnya, penghargaan yang diberikan ini tidak datang secara tiba-tiba, ataupun hasil dari pemberian. Namun penghargaan ini sebagai buah dari kerja keras dan komitmen dalam menggerakkan progran pembangunan keluarga, kependudukan dan keluarga berencana serta percepatan penurunan stunting di Tanjungpinang.

“Ini merupakan buah dari kerja keras dan komitmen yang tinggi dari semua pihak terhadap Program Keluarga Berencana serta Penurunan Stunting di Kota Tanjungpinang,” kata Rahma.

Rahma mengungkapkan, penurunan stunting tidak dapat dilakukan sendirian namun dalam penurunan stunting semua elemen daerah harus bersinergi dan bergerak bersama, tentunya sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing.

Dengan bersinergi dalam upaya penurunan stunting ini, lanjut Rahma, telah membuahkan hasil dengan adanya penurunan angka stunting di Kota Gurindam.

“Kita ingin dalam intervensi untuk memberikan asupan gizi dapat terus dilakukan serta gencar memberikan edukasi kepada masyarakat terutama ibu hamil dan keluarga yang memiliki anak baduta dan balita,” tuturnya.

Selain itu, kata Rahma, Program Bapak Asuh Anak Stunting (BAAS) cukup optimal sehingga dapat menurunkan prevalensi angka stunting di Kota Tanjungpinang.

“Sebagai Bapak Asuh Anak Stunting (BAAS) yang disematkan kepada Bapak Wakil Wali Kota dirasa sangat cukup berperan dalam upaya penurunan stunting secara optimal dengan menggerakkan seluruh perangkat daerah, tenaga kesehatan dan elemen masyarakat untuk bersama-sama menekan angka prevalensi stunting di Kota Tanjungpinang yang saat ini sudah cenderung mengalami tren penurunan,” lanjutnya.

Rahma juga mengucapkan berterimakasih sekaligus mengingatkan kepada semua pihak yang telah berkolaborasi untuk terus meningkatkan kinerjanya sehingga mampu memberikan yang terbaik bagi masyarakat.

“Apa yang mampu ditorehkan ini hendaknya menjadi motivasi bagi kita semua untuk terus meningkatkan kinerja dengan sebaik-baiknya sehingga berdampak yang positif bagi kemajuan dan perubahan masyarakat dan daerah kearah yang jauh lebih baik, terutama dalam penanganan stunting di Kota Tanjungpinang,” imbuhnya.

Deputi Bidang Advokasi, Penggerakan dan Informasi (ADPIN) BKKBN Pusat Sukaryo Teguh Santoso menegaskan jika percepatan penurunan stunting ditargetkan pemerintah sebesar 14 persen secara nasional pada 2024.

Menurutnya, target tidak akan tercapai dengan baik tanpa adanya peranan pemerintah daerah. Sebab, banyak kasus stunting ditemukan di daerah.

Ia meminta agar pemerintah daerah sebagai tokoh utama, bisa fokus memberdayakan sumber daya yang ada, karena akan mempengaruhi hasil secara nasional.

“Saya juga mengapresiasi setiap upaya kabupaten/kota yang sudah menerapkan dengan baik dalam percepatan penurunan stunting. Salah satunya adalah peran orang tua asuh yang diterapkan dalam beberapa model,” ujarnya.

Ikuti Selengkapnya Artikel Kami di Google News – Wartarakyat.co.id

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.