Akan Diresmikan Mei Mendatang, Gubernur Ansar Cek Progres Pengerjaan Rumah Singgah Jakarta

Gubernur Kepri H. Ansar Ahmad(baju batik) saat meninjau secara langsung rumah singgah di sela-sela kunjungan kerjanya ke Jakarta, Selasa, (11/04).(foto: diskominfo provinsi Kepri)

JAKARTA | WARTA RAKYAT – Rumah singgah untuk masyarakat Kepulauan Riau (Kepri) yang berobat ke Jakarta akan segera diresmikan pada bulan Mei mendatang. Demi memastikan kesiapan rumah singgah tersebut, Gubernur Kepri H. Ansar Ahmad meninjau secara langsung rumah singgah di sela-sela kunjungan kerjanya ke Jakarta, Selasa, (11/04).

Gubernur Ansar tampak memasuki satu persatu kamar yang bisa ditempati warga Kepri secara gratis. Saat ini berbagai furnitur seperti kasur, meja, lemari, dan kaca telah ditempatkan di dalam kamar. Demikian pula kloset dan shower di kamar mandi yang telah terpasang.

Rumah singgah warga Kepri di Jakarta terletak di Kantor Badan Penghubung Kepri yang berlokasi di Jalan Gatot Subroto
Nomor 2 RT.11/RW.2, Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat. Lokasi rumah singgah ini relatif dekat dari Rumah Sakit Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita yang kerap dijadikan tempat rujukan bagi masyarakat Kepri.

Gubernur Ansar menjelaskan pembangunan rumah singgah ini adalah untuk mengakomodasi tempat tinggal warga Kepri yang sedang berobat ke Jakarta. Dirinya merasakan beban warga Kepri yang sedang dirujuk ke Jakarta apabila harus memikirkan tempat tinggal selama mereka disana.

“Jadi warga Kepri yang tidak mampu apabila harus dirujuk ke Jakarta maka bisa tinggal di rumah singgah tersebut, itu biayanya gratis, ada banyak fasilitas yang kita sediakan disana,” kata Gubernur Ansar.

Rumah singgah di Jakarta setinggi empat lantai akan diisi dengan empat puluh tempat tidur. Selain itu ada juga AC di setiap kamar, lift, klinik kecil, dan ambulans yang disediakan untuk antar jemput pasien.

“Fasilitas-fasilitas itu kita sediakan supaya masyarakat Kepri bisa fokus di penyembuhan mereka, tidak perlu mikir lagi soal dimana mereka tinggal, jadi ini harus dimanfaatkan warga Kepri,” kata Gubernur Ansar.

Gubernur Ansar juga menyebutkan adanya rumah singgah juga mempermudah koordinasi dan pelacakan apabila ada kemungkinan terburuk warga Kepri yang meninggal, maka bisa cepat ditangani untuk dibawa kembali ke Kepri.

“Kalau tidak ada rumah singgah mereka terpencar-pencar dan itu yang bikin sulit untuk mencarinya agar bisa kita bawa pulang ke Kepri,” katanya.

Tidak hanya rumah singgah di Jakarta, Pemerintah Provinsi Kepri juga menyediakan rumah singgah serupa di Kota Batam yang juga diresmikan bulan Mei mendatang. Rumah singgah di Batam diperuntukkan untuk warga pulau-pulau di Kepri yang dirujuk ke rumah sakit di Batam.

Rumah singgah di Batam berlokasi di Jalan Kartini, Sekupang, yang berdekatan dengan RS Embung Fatimah dan RS Otorita Batam. Rumah singgah tersebut dilengkapi dengan dua puluh lima tempat tidur.

“Untuk rumah singgah yang di Batam itu kita sediakan untuk warga-warga pulau yang dirujuk ke Batam, itu juga kita sediakan gratis dan banyak fasilitasnya. Jadi semoga rumah singgah yang di Batam dan Jakarta ini bisa bermanfaat untuk masyarakat Kepri,” kata Gubernur Ansar. (jlu)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.