Berkunjung ke Kecamatan Tambelan, Ansar Serahkan Bantuan Pertanian dan Hibah Rumah Ibadah

Gubernur Anshar Ahmad saat memberikan bantuan

BINTAN | WARTA RAKYAT – Gubernur Kepulauan Riau H. Ansar Ahmad melakukan kunjungan kerja ke Kecamatan Tambelan, Selasa (24/01). Di Tambelan, Gubernur Ansar menyerahkan bantuan pertanian dan bantuan hibah rumah ibadah untuk sejumlah masjid dan surau.

Pulau Tambelan masuk dalam wilayah administrasi Kabupaten Bintan. Pulau Tambelan merupakan kecamatan terluar dan paling terpisah jauh dari pusat Kabupaten Bintan.

Hal inilah yang membuat Gubernur Ansar kerap melakukan kunjungan ke Kecamatan Tambelan untuk melihat langsung kondisi masyarakat dan infrastruktur di pulau Tambelan.

“Jarak yang jauh tidak jadi penghalang kita untuk sering datang ke Tambelan, kita akan terus memperhatikan kebutuhan masyarakat disini meskipun jauh dari ibukota Provinsi dan Kabupaten Bintan,” kata Gubernur Ansar di Balai Adat Tambelan.

Bantuan Pertanian dari Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Kesehatan Hewan Provinsi Kepri yang diserahkan Gubernur Ansar untuk kelompok tani di Tambelan berupa 10 unit cultivator, 2 ton pupuk NPK, dan 2 ton pupuk organik.

“Bantuan pertanian ini agar digunakan secara maksimal untuk memenuhi kebutuhan pangan di Tambelan, karena terkadang kalau cuaca buruk pasokan pangan dari luar susah masuk. Jadi ketahanan pangan di Tambelan harus kita upayakan,” kata Gubernur Ansar.

Sementara bantuan dana hibah dari Biro Kesejahteraan Masyarakat untuk rumah ibadah di Tambelan secara total berjumlah Rp 225 juta. Dengan rincian bantuan untuk Masjid Darussalam Dusun I Desa Pulau
Pengikik senilai Rp 100 juta yang merupakan usulan aspirasi anggota DPRD Provinsi Kepri Hj. Dewi Kumalasari. Lalu Musholla Raudhatul Iman Jl. Makam Sultan Abdullah Muayatsyah Desa Batu Lepuk senilai Rp 45 juta, Surau Baitul Ubudiyah Desa Kampung Hilir senilai Rp 40 juta, dan Surau Baitul Ubudiyah Desa Kampung Hilir senilai Rp 40 juta.

Selain itu, Gubernur Ansar juga memaparkan pekerjaan infrastruktur yang dikerjakan Pemprov Kepri di Tambelan Diantaranya pekerjaan Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang Dan Pertanahan (PUPP) di tahun 2022 berupa Pembangunan Jalan Utama Tambelan dengan Pagu Anggaran Rp 3 miliar. Lalu di tahun 2023 berupa Lanjutan Pembangunan Jalan Utama Tambelan, dengan Pagu Anggaran sebesar Rp 2 miliar.

“Pengerjaan jalan untuk jadi jalan yang layak juga menjadi prioritas kita, secara bertahap kita akan perbaiki jalan-jalan yang ada di pulau terpencil dan terluar di Kepri,” katanya.

Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Provinsi Kepri juga mengerjakan beberapa proyek diantaranya tahun 2022 dengan Pagu Rp 144.491.445,-berupa Semenisasi Jalan Tengku Sendut yang merupakan usulan dan aspirasi anggota DPRD Provinsi Kepri Hanafi Ekra.

Lalu tahun 2023 Dinas Perkim Pemprov Kepri menggelontorkan anggaran dengan Pagu Rp 3.550.000.000 untuk Pembangunan Jalan Seminisasi Telok Abik Desa Batu Lepuk dengan Pagu Rp 420.000.000, Pembangunan Jalan Seminisasi Batu Penepat Desa Lepok dengan Pagu Rp 880.000.000, Pembangunan Jalan Seminisasi Batu Parang Desa Kampung Hilir dengan Pagu Rp 220.000.000, Pembangunan Jalan Seminisasi JL. Hasan Ghazali Kelurahan Teluk Sekuni dengan Pagu Rp 580.000.000, Rehab Jalan Gang Wilayah RT 01 sampai RT 04 Desa Kampung Melayu dengan Pagu Rp 420.000.000, Pembangunan Jalan Pejantan RT 03 RW 01 Desa Pulau Mentebung dengan Pagu Rp 850.000.000, dan Peningkatan Prasarana, Sarana dan Utilitas Umum (Psu) Penepat Desa Batu Lepuk dengan Pagu Rp 180.000.000 yang merupakan Usulan dan Aspirasi anggota DPRD Provinsi Kepri Drs. Khazalik.
Tidak hanya itu, Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Kepri juga mengalokasikan Bantuan 2 unit kapal 5 GT dengan Pagu Anggaran Rp. 390.000.000. Sementara Dinas Perhubungan juga mengerjakan Pengadaan dan Pemasangan Dermaga Apung HDPE Pelabuhan Bandara Tambelan dengan Pagu Anggaran sekitar Rp 2.191.601.400 yang sampai saat ini masih dalam tahap penyelesaian.

“Ponton HDPE itu akan memudahkan masyarakat untuk bersandar di pelabuhan Bandara Tambelan, jadi akses transportasi dari pelabuhan ke bandara bisa lebih mudah dan cepat,” kata Gubernur Ansar.

Gubernur Ansar juga menyerahkan Bantuan Transportasi Darat untuk siswa di SMAN 1 Tambelan senilai Rp 34.200.000. Di tahun 2022 Dinas Pendidikan Provinsi Kepri telah menyalurkan Bantuan Transportasi Darat untuk siswa di SMAN 1 Tambelan senilai Rp 17.100.000.

“Semoga anak-anak sekolah di Tambelan terus semangat untuk menuntut ilmu dan meraih cita-cita agar bisa membangun Tambelan menjadi lebih baik lagi,” pungkasnya. (jlu)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.