Rahma Harap Perangkatnya Tingkatkan Penyelenggaraan Pemerintahan yang Baik

TANJUNGPINANG | WARTA RAKYAT – Dalam upaya meningkatkan sistem pengelolaan keuangan daerah, melalui Direktorat Jendral Bina Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri melaksanakan sosialisasi peningkatan kapasitas dan akuntabilitas pengelolaan keuangan di Pemerintah Kota Tanjungpinang.

Wali Kota Tanjungpinang Rahma bersama seluruh kepala perangkat daerahnya mengikuti sosialisasi tersebut, yang dilaksanakan di Hotel Aston Tanjungpinang, Minggu (23/10).

Bacaan Lainnya

Dalam sambutannya Rahma mengatakan bahwa akuntabilitas merupakan salah satu prinsip good governance yang sangat penting diterapkan dalam tata kelola Pemerintahan yang baik.

Menurutnya, terwujudnya akuntabilitas merupakan tujuan utama dari reformasi sektor publik khususnya reformasi keuangan.

“Diharapkan penerapan akuntabilitas dapat meningkatkan kinerja aparat pemerintah daerah agar lebih baik kedepannya dari sisi efektifitas dan efisiensi pengelolaan keuangan daerah, pertumbuhan APBD, kemandirian keuangan daerah, dan keserasian aktifitas pemerintah daerah dalam membelanjakan anggaran rutin dan anggaran pembangunan,” ucapnya.

Ia menyampaikan, pengelolaan keuangan mengalami perkembangan yang sangat dinamis. Sehingga perlu dilakukan pembaharuan informasi, pengetahuan, dan kompetensi oleh pengelola keuangan di Pemerintah Daerah untuk menyeimbangkan dengan perkembangan yang terjadi.

“Sebagaimana diketahui, beberapa tahun terakhir Pemerintah pusat telah mengeluarkan beberapa ketentuan baru yang perlu kita cermati, taati, dan diimplementasikan segera,” ujarnya.

Untuk itu dengan mengundang Kementerian Dalam Negeri selaku pembina atas penyelenggaraan pemerintahan daerah, Rahma berharap dapat melakukan transformasi ilmu kepada seluruh pejabat di lingkungan Pemerintah Kota Tanjungpinang.

“Kepada seluruh kepala perangkat daerah Pemko Tanjungpinang agar mengikuti materi dan sosialisasi ini dengan baik, dengan harapan selanjutnya dapat memberikan manfaat dan informasi yang berguna, serta meningkatkan kemampuan dan pengetahuan dalam peningkatan kapasitas dan akuntabilitas pengelolaan keuangan Pemerintah Kota Tanjungpinang,” tutupnya.

Hadir sebagai narasumber pada kegiatan itu, Dirjen Bina Keuangan Daerah A. Fatoni, dan Direktur Pelaksanaan dan Pertanggungjawaban Keuangan Daerah Horas Maurits Panjaitan, yang menyampaikan materi mengenai pedoman penyusunan APBD sesuai Permendagri dan upaya peningkatan kinerja ASN.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.