Pemprov Kepri Beri Insentif Kepada 4.217 RT/ RW dan 344 Posyandu se Kota Batam Senilai Rp6,78 Miliar

Gubernur Kepulauan Riau H. Ansar Ahmad menyerahkan bantuan saat insentif RT/RW dan Posyandu se Kota Batam senilai Rp6,78 miliar, Selasa (21/6/2022). Penyerahan dilakulan di dua lokasi, masing-masing di Golden Vew Hotel dan di SMKN 01 Kota Batam.

BATAM |WARTA RAKYAT – Gubernur Kepulauan Riau H. Ansar Ahmad menyerahkan bantuan insentif RT/RW dan Posyandu se Kota Batam senilai Rp6,78 miliar, Selasa (21/6/2022). Penyerahan dilakulan di dua lokasi, masing-masing di Golden Vew Hotel dan di SMKN 01 Kota Batam.

Adapun jumlah RT dan RW se Kota Batam yang menerima bantuan insentif dari Gubernur Kepri ini sebanyak 4,217 orang dan  jumlah Posyandu sebanyak 344 orang. Sebelumnya Gubernur telah menyerahkan insentif yang sama untuk kabupaten dan kota lainnya yang ada di Provinsi Kepri.

Total bantuan yang diberikan di  Kota Batam berjumlah pp Rp6.780  miliar dengan rincian  sebesar Rp4,086 miliar  diberikan kepada 3.405 orang RT dengan masing-masing menerima Rp1,2 juta. Kemudian sebanyak Rp974.4 juta  diberikan kepada 812 orang RW masing-masing menerima Rp1,2 juta. Sedangkan bantuan kepada Posyandu sebanyak Rp1.720 miliar  yang diberikan kepada 344 posyandu masing-masing  menerima Rp5 juta.

Dalam sambutannya Gubernur Kepulauan Riau H. Ansar Ahmad menegaskan jika peran RT dan RW sangat berat ditengah masyarakat, terutama selama masa pandemi covid-19 di dua tahun terakhir. Selama dua tahun tersebut RT dan RW menjadi penggerak terdepan dalam mensukseskan aturan PPKM dan sebagainya.

“Tugas RT dan RW ini berat, makanya harus kita beri dorongan agar tetap semangat menjalankan tugas melayani masyarakat. Bantuan insentif ini semoga bisa menjadi salah satu sumber motivasi bagi RT dan RW yang ada di Batam,” kata Gibernur.

Gubernur juga meminta agar para RT dan RW jangan takut, ragu atau sungkan menerima insentif tersebut. “Bapak ibu tidak usah takut, dana yang kita distribusikan ini dana murni APBD Kepri, bukan dana siapa-siapa. Dana ini telah disetujui juga oleh DPRD Kepri,” tegas Ansar.

Sebagaimana tujuan utama insentif ini diberikan kepada RT dan RW adalah untuk  memfasilitasi dan mendorong Ketua Rukun Warga (RW), Rukun Tetangga (RT) dalam rangka pemberian pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat yang ada diwilayah kerjanya masing-masing.

“Seharusnya pak Walikota Batam ada ditengah kita bersama  pak RT dan RW  saat ini. Berdiri disini bersama saya, ikut memberi sambutan guna  memotivasi  RT dan RW,” kata Ansar.

Beberapa hari sebelumnya, Gubernur menjelaskan jika dirinya sempat menhubungi Walikota Batam untuk bersama-sama hadir diacara ini. Namun, akhirnya karena kesibukan, akhirnya hari ini tidak bisa hadir. Begitu juga dengan ibu Wakil Gubernur. Dan bahkan secara administrasi, melalui Dinas PMD telah melayangkan surat ke Pemerintah Kota Batam.

“Meskipun Bapak walikota dan ibu wakil Gubernur tidak bisa hadir saat ini. Semoga kehadiran saya ini bisa mewakili. Namun tetap kita doakan, semoga dalam lain kesempatan kami bisa bersama-sama hadir dalam acara seperti ini,” kata Gubernur disambut tepukan tangan hadirin.

Selain memberikan bantuan insentif kepada RT dan RT serta operasional posyandu,  dalam kesempatan ini Gubernur juga menyerahkan bantuan set top box (STB) bagi masyarakat Batam dan bantuan transportasi sekolah.

“Bantuan ini nilainya memang tidak seberapa, namun insya Allah jika kita syukuri dan kita ikhlas menerimanya, pasti manfaatnya besar. Bantuan apapun itu patut disyukuri, baik insentif RT, RW, bantuan posyandu maupun bantuan transportasi sekolah,” kata Ansar.

Harapan Ansar, dengan bantuan yang diberikan ini bisa menambah semangat perangkat pemerintah hingga ke jenjang teremdah.(*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.