Setkab Intensifkan Diseminasi Program dan Capaian Pemerintah Melalui Buku Tematik

Deputi DKK Setkab Thanon Arya Dewangga saat membuka rakor dengan pemerintah daerah provinsi dan kabupaten/kota di Jateng, Jumat (17/06/2022), di Semarang. (Foto: Humas Setkab/Teguh)

JAKARTA | WARTA RAKYAT – Sekretariat Kabinet (Setkab) selaku pembantu Presiden dan Wakil Presiden dalam pengelolaan manajemen dalam penyelenggaraan pemerintahan turut berupaya untuk menyosialisasikan program dan capaian kerja pemerintah dalam menangani pandemi COVID-19 kepada masyarakat. Salah satu upaya yang dilakukan adalah melalui penerbitan buku tematik bertajuk “Indonesia dan COVID-19: Kerja Keras di Tengah Pandemi”.

“Penyusunan buku tematik ini didorong dan didasari atas semangat kami untuk melahirkan sebuah alternatif desiminasi atas capaian-capaian pemerintah yang kami nilai selama ini belum optimal,” ujar Deputi Bidang Dukungan Kerja Kabinet (DKK), Setkab, Thanon Aria Dewangga pada rapat koordinasi mengenai diseminasi capaian program kerja pemerintah bersama pemerintah daerah provinsi dan kabupaten/kota di Jawa Tengah, Jumat (17/06/2022), di Semarang.

Penyajian dengan pendekatan tematis, kata Deputi DKK, bertujuan untuk memberikan gambaran yang lebih komprehensif mengenai dinamika maupun tahapan pencapaian program kerja yang dilaksanakan oleh pemerintah sesuai dengan tema yang diusung.

“Buku yang memuat catatan mengenai upaya pemerintah, bersama dengan seluruh elemen masyarakat dan dengan diisi semangat gotong royong, dalam mengatasi krisis multidimensional ini akan menjadi rujukan utama bagi generasi saat ini dan juga generasi yang akan datang, agar dapat memperoleh gambaran deskriptif, kronologis, dan sistematis dengan merujuk kepada isi dari kumpulan dari pidato-pidato Bapak Presiden,” ujarnya.

Deputi DKK menilai, tak hanya menjadi alternatif sarana diseminasi informasi, buku ini juga juga dapat dimanfaatkan sebagai dokumen sejarah sekaligus sumber data primer yang dikeluarkan oleh instansi pemerintahan yang berwenang.

“Kami berharap apa yang telah kami lakukan dengan membuat buku tematik ini akan menjadi inspirasi bagi Bapak dan Ibu sekalian di pemerintah provinsi maupun pemerintah kabupaten/kota untuk terus dan terus membuat buku agar itu dapat menjadi warisan bagi anak cucu kita,” ujarnya.

Di akhir sambutan, Deputi DKK pun mengapresiasi kehadiran jajaran pemerintah daerah di Jawa Tengah yang dinilainya sebagai bentuk komitmen untuk mendiseminasikan program dan capaian pemerintah secara efektif.

“Kehadiran Bapak-Ibu sekalian bagi kami merupakan bentuk komitmen kuat dari Bapak Ibu, tidak hanya dalam merencanakan, menjalankan, dan juga menyukseskan program-program kerja pembangunan di daerah, tetapi juga dalam menghadirkan diseminasi yang efektif dan dapat diterima dengan baik semua pihak, baik sivitas academika perguruan tinggi, dan juga jajaran pemerintah, baik itu pusat maupun daerah,” pungkasnya.

Dalam rakor juga digelar diskusi mengenai optimalisasi alternatif diseminasi informasi capaian program kerja pemerintah di masa pandemi.

Diskusi menghadirkan narasumber Sekretaris Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, Temmy Purboyono serta Dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Diponegoro, Nurul Hasfi.
Turut hadir dalam kegiatan ini Bupati Kudus HM Hartopo; Penjabat Bupati Jepara Edy Supriyanta; Kepala Biro Administrasi Pembangunan Daerah, Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Tengah Endi Faiz Effendi; serta sejumlah perwakilan dari pemerintah provinsi dan kabupaten/kota di Jawa Tengah.

Sementara dari Setkab hadir antara lain Asisten Deputi Bidang Pelaporan Persidangan Heru Priyantono, Asisten Deputi Bidang Penyelenggaraan Persidangan Sjahriati Rohmah, Asisten Deputi Hubungan Kemasyarakatan dan Protokol Said Muhidin, serta Asisten Deputi Bidang Naskah dan Penerjemahan Yuyu Mulyani.

Sebagai informasi, buku “Indonesia dan COVID-19: Kerja Keras di Tengah Pandemi”  tersedia dalam bentuk elektronik yang dapat diakses pada laman resmi Setkab. (JW/UN

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.