TNI AL Gagalkan Serangan Militer Musuh di Pantai Gasing Dompak

TANJUNGPINANG | WARTA RAKYAT – Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) gagalkan serangan yang dilancarkan militer musuh di Pantai Gasing Dompak, Tanjungpinang, Kepulauan Riau, Rabu (9/6/2022).

Awalnya militer musuh mencoba mendarat di Pantai Gasing, dengan sigap TNI AL dengan kekuatan 1 Komando Tugas Operasi Gabungan Pertahanan Pantai yang terdiri dari 1 Kompi Personel Lantamal IV, 1 Kompi Infanteri Yonmarhanlan IV, 1 Baterai Arhanud dan 1 Kompi Markas Yonmarhanlan IV.

Bacaan Lainnya

Terdapat dua pucuk meriam pertahanan pantai melaksanakan penembakan jauh, diikuti dengan Seksi Senjata Mesin Berat (SMB) melaksanakan penembakan terhadap sekoci pendarat musuh, Seksi GPMG melaksanakan tembakan secara terus menerus.

Sedangkan Pasukan Infanteri Marinir melaksanakan penembakan untuk memukul mundur pasukan musuh di Baris Depan Daerah Tempur (BDDT).

Satgas pertahanan pantai akhirnya berhasil memukul mundur pasukan musuh dari pantai pendaratan dengan melaksanakan tembakan pengejaran ke arah musuh secara terus menerus.

Wadan Lantamal IV Tanjungpinang Kolonel (Mar) Andi Rahmat menjelaskan, penyerangan militer musuh merupakan bagian latihan simulasi untuk meningkatkan profesionalisme prajurit.

“Tujuan latihan ini adalah untuk melatih dan memelihara profesionalisme prajurit Yonharlantamal IV Tanjungpinang,” ujar Kolonel Andi Rahmat saat diwawancarai usai latihan.

Ia mengungkapkan, latihan ini merupakan program rutin dari Lantamal IV Tanjungpinang yang dilaksanakan tiga bulan sekali. Latihan kali ini, pihaknya melibatkan 100 personil dengan peralatan tempur lengkap.

“Ini merupakan tugas pokok dan fungsi sebagai pangkalan angkatan laut,” imbuhnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.