Sektor Pariwisata Akan Dapat Bantuan Dana, Meitya: Semoga Tanjungpinang Salah Satunya

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tanjungpinang, Meitya Yulianty
Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tanjungpinang, Meitya Yulianty

TANJUNGPINANG | WARTA RAKYAT Pemerintah pusat akan segera menggelontorkan sejumlah bantuan untuk pelaku sektor pariwisata dan ekonomi kreatif dalam rangka menghadapi dampak pandemi virus corona.

Salah satu bantuan disalurkan melalui program Bantuan Insentif Pemerintah (BIP) yang tahun ini nilainya mencapai Rp 60 miliar. Angka itu naik hampir tiga kali lipat dibandingkan tahun lalu.

“(BIP) tahun ini anggarannya juga ditingkatkan menjadi Rp 60 miliar. Ini berarti meningkat hampir 3 kali lipat dibanding tahun 2020 yang anggarannya Rp 24 miliar,” kata kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto sebagaimana dilansir dari laman Sekretariat Kabinet, Selasa (28/9/2021).

Airlangga mengatakan, sasaran penerima BIP meliputi tujuh subsektor ekonomi kreatif yakni aplikasi, game developer, kriya, fashion, kuliner, film, dan pariwisata.

Pada 2020 lalu, pemerintah juga memberikan dana hibah pariwisata sebesar Rp3,3 triliun kepada pemerintah daerah (pemda) guna menekan dampak ekonomi akibat pandemi.

Tahun ini, jumlah dana hibah ditingkatkan menjadi Rp 3,7 triliun yang ditujukan untuk membantu pemda serta industri, hotel, dan restoran yang mengalami penurunan pendapatan asli daerah (PAD) serta gangguan finansial akibat pandemi.

Kriteria penerima dana hibah yang dimaksud yakni ibu kota dari 34 provinsi yang berada di 10 destinasi pariwisata prioritas dan 5 destinasi superprioritas dan juga daerah yang termasuk 100 calendar of event, destinasi branding, serta daerah dengan pendapatan pajak hotel dan pajak restoran minimal 15 persen dari total PAD tahun anggaran 2019.

Sementara, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tanjungpinang, Meitya Yulianty mengaku belum mendapatkan informasi terkait Bantuan Insentif Pemerintah (BIP) pada tahun ini yang nilainya mencapai Rp 60 miliar.

Walaupun Festival Pulau Penyengat di Kota Tanjungpinang masuk kedalam 100 calendar of event, Meitya belum bisa memastikan apakah tahun ini Kota Tanjungpinang akan mendapat Bantuan Insentif Pemerintah (BIP) tersebut.

“Kemarin (tahun 2020, red) ada hibah dalam bentuk uang, dan juga bantuan dengan bentuk alat-alat Kesehatan ya. tapi tahun ini belum bisa pastikan,” kata Meitya, Rabu (29/9/2021).

Namun, Meitya berharap Kota Tanjungpinang salah satu yang akan mendapat bantuan itu untuk pariwisata di Kota Tanjungpinang.

“Sementara belum dapat informasi tersebut,mudah-mudahan (Kota Tanjungpinang, Red) dapat bantuan itu,” pungkas Meiyta.

Pewarta : Ilham Chairi Mubaroq

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.