Peringati Hari Maritim Nasional ke-57, Iskindo Gelar Kongres III

34
Asisten II Pemprov Kepri, Syamsul Bahrum

TANJUNGPINANG | WARTA RAKYAT Ikatan Sarjana Kelautan Indonesia (ISKINDO) mengadakan Kongres ke III dalam rangka memperingati hari Maritim Nasional ke-57 dengan tema Maritim Kuat Maritim hebat di Hotel CK Tanjungpinang, Kamis ( 23/09 ).

Kegiatan Kongres tersebut berlangsung selama dua hari mulai tanggal 23 – 24 September 2021, yang di ikuti oleh Presiden Joko Widodo, Kementerian Ekonomi Maritim dan Investasi, Kepala Staff Kepresidenan secara virtual.

Asisten II Pemerintah Provinsi Kepri Syamsul Bahrum mengucapkan selamat kepada kepengurusan yang baru di lantik pada kongres kali ini, selain itu juga ada seminar tentang kelautan.

” Kongres ini saya kira berkaitan dengan hari maritim Indonesia dan dalam kongres ini membahas tiga hal yakni kepengurusan, menghasilkan tentang program pada ikatan sarjana kelautan dan terakhir memberi masukan strategis kepada stakeholder kelautan seperti perhubungan, Kementrian kelautan, pertambangan, termasuk tekhnologi riset dan teknologi lainnya, ” ujar Syamsul.

Syamsul sangat pada kongres tersebut Provinsi Kepri dipilih sebagai tuan rumah mengingat perekonomian di Kepri sendiri sudah mulai bangkit bahkan perkembangan perhotelan semakin berkembang.

“Pada level 4 kemarin mereka merencanakan di level III bahkan Kepri dalam beberapa minggu lagi sudah masuk ke level II atau level I. Maka kita harapkan kerjasama dengan semua pihak dan salah satu dari pertemuan ini tidak melihat kelautan sebagai esensi ekonomi melainkan potensi strategis dari sisi politik dan yang lebih penting lagi laut itu merupakan bagian dari riset yang akan mereka lakukan untuk penelitian dalam pembangunan ekonomi kedepan,” terangnya.

Sisi lain Dr Donny Afdillah selaku Ketua Panitia Iskindo Kepri menyampaikan pada Kongres ke III Iskindo ini dalam rangka untuk menghasilkan kebijakan strategis terkait isu kelautan yang akan direkomendasikan kepada pemerintah.

“Kita adakan pada hari ini bersempena hari maritim nasional yang jatuh pada hari ini di selaraskan dengan kegiatan dari Kemenko Marves yaitu pekan literasi maritim, semua ini diharapkan bisa sinergi untuk menghasilkan sebuah rekomendasi yang akan menjadi acuan kepada pemerintah,” tuturnya.

Pada saat DPP dari pusat untuk mencari tempat untuk di selenggarakan kongres ini, Kepri paling meminta karena Kepri merupakan miniaturnya Indonesia.

“Provinsi Kepri sendiri memiliki 2.800 pulau 98 persen laut akan menjadi indikator tolak ukur keberhasilan atau tidak dalam mengelola Kepri itu akan menunjukkan secara jurnal kegagalan atau keberhasilan mengelola Negara kepulauan ini,” pungkasnya.

Pewarta : Ilham Chairi Mubaroq
Editor     : Prengki Simanjuntak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.