Cuaca Ekstrim di Kepri, SAR Imbau Masyarakat Waspada

Tim SAR menyiapkan Arnada
Tim SAR menyiapkan Armada laut

TANJUNGPINANG | WARTA RAKYATKantor Pencarian dan Pertolongan Tanjungpinang, menyiapkan sarana SAR laut dan personel, serta imbauan kepada masyarakat untuk tetap waspada dalam mengantisipasi cuaca buruk atau ekstrim.

Plh. Kepala Basarnas Tanjungpinang sekaligus menjabat sebagai Kepala Seksi Operasi dan Siaga Miswadi, mengungkapkan, masyarakat harus tetap waspada dengan cuaca yang buruk, selalu menyiapkan antisipasi bila melaut atau liburan ke Pantai.

“Kami menyiagakan sarana SAR laut dan personil serta kami juga mengimbau masyarakat untuk memperhatikan cuaca saat melaut atau liburan ke Pantai,” ungkap Miswadi, (Jumat, 20/8/2021)

Menurut Miswadi, bila masyarakat pergi melaut atau mancing selalu menyiapkan peralatan keselamatan seperti life jacket serta selalu melaporkan kepada pihak berwenang sebelum melajukan aktivitas di laut.

Lebih lanjut, ia mengatakan, cuaca pada musim ini sangat sedang ekstrim dan gelombang laut juga dalam keadaan tinggi dan angin kencang.

“Gelombang laut berdasarkan info dari BMKG berada pada kisaran 0,5 sd 1 hingga 1.5 meter di perairan Tanjungpinang, Bintan, Batam hingga Tanjung Balai Karimun, para nelayan selalu waspada dan hati hati,” terangnya.

Miswadi, juga menyampaikan kepada masyarakat yang melakukan aktivitas di pinggir pantai seperti berenang atau memancing, agar mematuhi instruksi dari petugas atau penjaga pantai tentang batas aman dari garis pantai.

“Itu penting agar kejadian tidak diinginkan tidak terjadi, karena kejadian itu bisa terjadi karena kelengahan kita sendiri,” tegas Fazzli Miswadi.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.