Tumbuhkan Kreatifitas dan Inovasi, DP3APM Gelar Lomba TTG

10
Foto bersama peserta lomba Inovasi Teknologi Tepat Guna, Kamis (8/4/2021).

TANJUNGPINANG | WARTA RAKYAT Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat (DP3APM) menggelar kegiatan lomba Inovasi Teknologi Tepat Guna (TTG), Kamis (8/4/2021) di Aula SMP Negeri 4 Tanjungpinang.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Walikota Tanjungpinang, Rahma yang mengatakan bahwa Lomba inovasi teknologi tepat guna ini untuk membuat semangat para inovasi teknologi lebih menciptakan teknologi yang bermanfaat kepada masyarakat.

“Serta teknologinya yang bisa diproduksi secara massal, masing-masing inovasi teknolgi yang dilombakan nantinya punya maanfaatnya,” kata Rahma dalam pembukaannya.

Oleh karena itu, Pemerintah Kota Tanjungpinang dalam hal ini Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat akan berupaya mendorong bagaimana pemanfaatan teknologi bisa membantu dan mengurai jadi nilai tambah bentuk nilai ekonomis maupun menjadi alat bantu produksi setiap rumah tangga atau naik lagi lebih besar.

“Tentunya harus kita fasilitasi suatu inovasi dari teknologi mereka,” pungkasnya.

Sementara, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat, Rustam mengatakan kegiatan inovasi TGG ini di ikuti oleh masyarakat umum, mulai dari, pelajar mahasiswa, dosen hingga masyarakat umum yang lainnya.

Tujuan dari kegiatan ini juga untuk stimulasi mendorong tumbuhnya kreativitas terhadap terinovasi dibidang teknologi yang tepat guna bagi masyarakat.

Salah satu alat lomba inovasi teknologi pengelolaan sampah plastik limbah plastik jadi paving block.

Rustam menyampaikan sebanyak 15 peserta telah memiliki inovasi teknologi yang unik mulai dari teknologi pengelolaan sampah plastik limbah plastik jadi paving block, teknologi filter asap rokok, teknologi kulkas mini, pembuatan hand sanitizer, teknologi kloset untuk para lansia, teknologi pembuatan bio gas dari kotoran sapi, serta teknologi plastik dari bahan alami dari kulit singkong dan nanti bisa dimakan selain sebagai wadah bisa dimakan.

“15 peserta tadi akan ditentukan sebagai pemenang nanti tentu yang teknologinya itu berguna bagi masyarakat, kemudian murah, mudah dan punya nilai guna yang baik,” ungkapnya.

Selain itu total hadiah yang telah disiapkan ialah 35,5 juta, dengan 10 juta untuk juara 1, 7 juta untuk juara 2, 6 juta untuk juara 3, 5 juta juara untuk harapan 1.

Pewarta : Ilham
Editor     : Prengki

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.