Rakor Dengan PJ Gubernur, Walikota Tanjungpinang Fokuskan Pemulihan Ekonomi di Masa Pandemi

22

TANJUNGPINANG | WARTA RAKYATPemerintah Kota Tanjungpinang fokus pada pemulihan ekonomi dimasa pandemi dari segala sisi. Hal tersebut disampaikan Walikota Tanjungpinang Hj. Rahma, S.IP ketika menghadiri Rapat kerja Gubernur bersama Bupati / Walikota, Ketua DPRD Kabupaten / Kota se Propinsi Kepulauan Riau.

Dalam rapat koordinasi  tersebut dibahas persiapan pelantikan Bupati / Walikota, Evaluasi penanganan Covid19, Pelaksanaan Vaksinasi Covid19 dan Pemulihan Ekonomi  dilaksanakan secara Virtual dipimpin oleh Pj. Gubernur Kepri di Gedung Daerah Propinsi Kepri. Sabtu, (20/2).

Walikota Tanjungpinang, Hj. Rahma, S. IP yang hadir langsung di Gedung Daerah bersama Sekda Kota Tanjungpinang menyampaikan terkait kondisi penanganan Covid-19 di Ibukota Propinsi Kepri Tanjungpinang serta upaya pencegahan dan penanganannya.

“Untuk Vaksin tahap pertama sudah kami selesaikan 87 %, sedangkan vaksinasi tahap 2 sudah 72,6%,” paparnya.

Pemerintah juga sudah melakukan pembentukan Posko Covid-19 di 18 Kelurahan se Kota Tanjungpinang hingga ketingkat RT /RW. Hari ini juga  di Launching terlebih dahulu 5 Posko Covid dikawasan yang dideteksi penyebaran Covid19 nya tinggi bersamaan dengan launching kampung tangguh.

Dalam pemulihan ekonomi dimasa pandemi saat ini, sesuai arahan Presiden RI, Pemerintah Kota Tanjungpinang sudah mulai melakukan padat karya diantaranya mengawal sekitar 12.000 UMKM dan memberikan pelatihan untuk 1.000 UMKM di tahun 2021 yang kegiatannya tersebar di beberapa OPD, diantaranya Disnaker Koperasi UKM, Disperdagin, DP3APM, Dinsos.

“Selain pelatihan, Pemerintah juga sudah melakukan kerjasama dengan Swalayan dan BRC lagoi untuk mempromosikan produk dari pelaku UKM yang terdata di Pemko Tanjungpinang secara gratis, serta disiapkan juga bantuan langsung kebutuhan peralatan UKM melalui dana CSR bersama Bank Riau Kepri Syariah. Tamu yang akan ke Lagoi diwajibkan menginap satu malam di Tanjungpinang,” ujar Rahma.

Selain itu Pemerintah Kota Tanjungpinang juga memiliki program zakat ASN Pemko Tanjungpinang. Setiap bulan sebanyak 3000an PNS dipotong zakat dengan total Rp. 360 Juta  sampai Rp. 400 Jt setiap bulan.

“Alhamdulillah ASN turut berpartisipasi dengan tujuan agar bisa membantu masyarakat yang membutuhkan sesuai asnaf tanpa proses yang panjang. Dan dalam waktu dekat, Pemerintah juga akan launching jumat berkah disetiap Kelurahan, dengan program segenggam beras sebutir kasih sayang,” ungkap Rahma.

Dalam kesempatan ini Pj. Gubernur Kepri Dr. Suhajar Diantoro, S.I.P apresiasi atas kinerja Pemko Tanjungpinang dibawah kepemimpinan Rahma, seperti penanganan Covid19, dana CSR, bantuan zakat dari PNS, Secanting beras, dan penguatan UMKM di Kota Tanjungpinang.

“Saya apresiasi atas kinerja Ibu Rahma memimpin Kota Tanjungpinang, semoga terus berjalan dengan baik, dan bisa membantu masyarakat yang membutuhkan dan membawa berkah bagi Masyarakat Kota Tanjungpinang. Dan saya juga berpesan agar Pemerintah Kota Tanjungpinang dapat kendalikan penyebaran Covid19, sukseskan vaksinasi, utamakan program padat karya, serta pastikan bantuan untuk rakyat miskin dikawal dengan baik dan cepat restribusi bantuan untuk masyarakat miskin,” harap Suhajar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.