UPDATE 16 Oktober: Satu Orang Warga Tanjungpinang Terkonfirmasi Positif COVID-19

51
Walikota Tanjungpinang, Rahma

TANJUNGPINANG | WARTA RAKYAT – Seorang warga Tanjungpinang, berinisial HP (24 tahun) dilaporkan terkonfirmasi positif Corona Virus Disease 2019 (COVID-19), Jumat (16 Oktober 2020).

Pasien merupakan warga di Kelurahan Pinang Kencana, Kecamatan⁣ Tanjungpinang Timur, Kota Tanjungpinang.

Walikota Tanjungpinang, Rahma, dalam rilisnya mengatakan, temuan tersebut berdasarkan hasil pemeriksaan swab dengan metode RT PCR yang dilakukan di RSUD Raja Ahmad Thabib.

“Pada hari ini Jum’at, tanggal 16 Oktober 2020, kami sampaikan penambahan 1 kasus baru terkonfirmasi positif COvID-19,” ujar Rahma, Jum’at (16 Oktober 2020).

Adapun informasi terkait pasien yang baru terkonfirmasi tersebut tidak bergejala, tidak ada riwayat perjalanan dan tidak ada kontak erat.

“Saat ini pasien dikarantina di Rumah Singgah RSUD RAT,” ucap Rahma.

Rahma melanjutkan, Dinas Kesehatan PP & KB Kota Tanjungpinang secara rutin melaksanakan tracing (penelusuran) pada orang-orang yang kontak erat dengan pasien konfirmasi.

Dan bila memenuhi kriteria kontak erat maka dilanjutkan dengan pengambilan swab hidung dan tenggorokan untuk dilakukan pemeriksaan dengan metode RT PCR di BTKL PP Batam, RSKI galang atau di RSUD RAT bagi pasien yang diswab.⁣

Ia menghimbau dan mengajak seluruh masyarakat agar senantiasa menerapkan protokol kesehatan pada masa adaptasi kebiasaan baru pada masa pandemi Covid-19 ini.

“Protokol kesehatan ini harus selalu dilakukan secara disiplin pada saat berinteraksi dengan keluarga yang tidak tinggal serumah, teman rumah ataupun di tempat kerja, sehingga klaster keluarga dan klaster tempat kerja bisa kita cegah bersama-sama,” imbuhnya.

Adapun protokol kesehatan yang senantiasa harus dilakukan adalah memakai masker, menjaga jarak (tidak bersalaman) dan mencuci tangan dengan sabun sesering mungkin.⁣

Selain itu, lanjutnya, bagi pelaku perjalanan setelah pulang ke rumah diharapkan melakukan karantina mandiri selama 14 hari, agar tidak menjadi sumber penularan ke keluarga dan orang-orang di sekitarnya.

“Selama karantina mandiri ini, yang bersangkutan diharapkan selalu memakai masker saat di rumah, menjaga jarak lebih dari 1 meter dengan anggota keluarga lainnya dan mencuci tangan dengan sabun,” tegasnya

“Semoga Allah SWT memberkahi dan melindungi kita semua. Aamin Yaa Robbal Alamiin,” tutupnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.