Peduli Imbas COVID, Haripinto Ditemani Petrus Sitohang Beri Bantuan Pakan Ternak SAPURING

210
Anggota DPD RI asal Kepulauan Riau (Kepri) Haripinto memberikan bantuan sapuring kepada peternak di Kota Batam, Jumat (9/10/2020)

BATAM | WARTA RAKYAT – Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI asal Kepulauan Riau (Kepri) Haripinto Tanuwijaya menunjukkan kepeduliannya kepada peternak-peternak kecil di Kota Batam yang usahanya terdampak pandemi COVID-19, Jumat (9 Oktober 2020).

Blusukan ini merupakan kali kedua bagi Haripinto mengunjungi para peternak kecil di kawasan Batam setelah di pertengahan bulan September lalu.

Perbedaannya kali ini ialah Haripinto didampingi Petrus M. Sitohang dari PT Pengembangan Manajemen Sumberdaya dengan membawa Sapuring.

Kepada setiap peternak yang dikunjunginya, Haripinto memberikan satu karung sapuring berukuran 30 kg. Sapuring merupakan bahan campuran pakan ternak organik dari sagu parut kering (Sapuring).

Salah seorang penerima bantuan di kawasan Sembulang, yang juga peternak ayam kampung, entok dan ayam kalkun secara lepas dengan populasi sekitar 300 ekor mengatakan sangat berterimakasih dengan bantuan bahan baku pakan Sapuring pemberian Haripinto.

Selain Maman Sulaeman, terdapat 3 rekan lainya yang merupakan peternak ayam kampung dan bebek skala kecil dengan populasi ternak berkisar 300-1.500 ekor juga menghaturkan terimakasih atas pemberian Haripinto.

Anggota DPD RI asal Kepulauan Riau (Kepri) Haripinto ditemani Petrus M. Sitohang saat mengunjungi dan memberikan bantuan pakan ternak Sapuring kepada peternak di Kota Batam, Jumat (9/10/2020)

Tidak hanya di Sembulang, Haripinto juga menyerahkan bantuan kepada ibu Siahaan dan rekan-rekanya peternak babi di kawasan Jembatan 4 Barelang dan Tanjungpiayu.

Mereka adalah para peternak kecil dengan populasi ternak berkisar 30-75 ekor. Mereka mengeluhkan sejak pandemi COVID-19 melanda hampir tidak ada pesta di kalangan masyarkat Batak sehingga permintaan hasil ternaknya jauh berkurang.

Untuk bertahan mereka harus mensiasati dengan mengumpulkan sisa-sisa roti dari toko roti maupun sisa makanan dari restoran untuk diolah menjadi makanan ternak peliharaan mereka.

Oleh karena itu ibu Siahaan dan rekan-rekannya menyambut gembira bantuan sapuring dari Haripinto.

Rizal Nasution

Di kawasan Marina, bantuan pakan Sapuring diterima oleh Heri yang memelihara sekitar 1500 ekor ternak terdiri dari bebek petelur, bebek pedaging dan entok.

Selain Heri, tetangganya sesama peternak yang menerima bantuan dari Haripinto adalah Rizal Nasution dengan memelihara sekitar 3.000 ekor ayam Jawa Super atau dikenal dengan sebutan ayam Joper.

Ayam Joper adalah jenis ayam persilangan ayam kampung dengan ayam broiler yang saat ini mulai digemari masyarakat.

Anggota DPD RI asal Kepulauan Riau (Kepri) Haripinto saat mengunjungi dan memberikan bantuan pakan ternak Sapuring kepada peternak di Kota Batam, Jumat (9/10/2020)

Kepada wartawan, Anggota DPD RI Haripinto Tanuwijaya mengatakan bantuan yang tidak seberapa ini adalah wujud kepeduliannya pada para peternak yang usahanya sangat terpukul karena pandemi COVID-19.

Dia pun mengajak para peternak bersabar dalam menghadapi pandemi ini dan mentaati anjuran pemerintah dalam hal protokol kesehatan khususnya dengan selalu pakai masker kalau keluar rumah, rajin cuci tangan pakai sabun dan hindari kerumunan banyak orang.

“Hari ini, total ada 16 peternak di kawasan jembatan 4 dan 5 Barelang, Tanjungpiayu dan kawasan peternakan di Marina yang menerima bantuan,” ujar Haripinto, yang sudah dua periode sebagai Senator asal Kepri di DPD RI.

Sementara itu Direktur Utama PT Pengembangan Manajemen Sumberdaya, Petrus M. Sitohang menjelaskan, Sapuring adalah bahan baku pakan ternak yang diproduksi bersama PT PMS dan BUMDES Bersama Rumbio Nusa Mandiri Kecamatam Merbau dan mitra-mitranya di beberapa desa di Kabupaten Meranti.

Selain itu, lanjut Petrus, Sapuring juga bahan pakan ternak yang kaya energi dan bebas dari residu pestisida sehingga memenuhi kriteria organik.

“Bahan pakan ini mulai dikembangkan dan diproduksi di awak bulan Juli 2020,” tukasnya.

Pewarta : Marolop
Editor     : Prengki

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.